Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Awasi Pungli dan Korupsi, Kapolda Sumut yang Baru Gandeng Pengawas Internal

‎Irjen Ryco Amelza Dahniel resmi menggantikan Irjen Raden Budi Winarso sebagai Kapolda Sumatera Utara yang baru.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Awasi Pungli dan Korupsi, Kapolda Sumut yang Baru Gandeng Pengawas Internal
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Irjen Raden Budi Winarso, Kapolda Sumatera Utara yang lama dengan Irjen Ryco Amelza Dahniel Kapolda Sumatera Utara yang baru usai pelantikan di Rupatama Mabes Polri, Rabu (12/10/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Irjen Ryco Amelza Dahniel resmi menggantikan Irjen Raden Budi Winarso sebagai Kapolda Sumatera Utara yang baru.

Pelantikan Ryco Amelza berlangsung pagi tadi, Rabu (12/10/2016), di Rupatama Mabes Polri oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Ditemui Tribunnews.com usai pelantikan, Ryco Amelza mengaku pihaknya akan fokus merubah kultur anggotanya, meliputi budaya koruptif, hedonis, hingga kekerasan berlebih.

"Saya akan terapkan perintah Kapolri soal perbaikan kinerja dan pembenahan kultur supaya‎ Polri semakin baik," ucap Ryco Amelza.

Sesampainya di Polda Sumatera Utara, Ryco akan langsung melakukan pemetaan kasus yang rawan terjadi di Sumatera Utara seperti narkoba hingga konflik sosial.

Mengenai perubahan kultur, mantan Ketua STIK/PTIK ini mengaku akan melakukan langkah baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Ryco yang juga mantan Wakapolda Jawa Barat ini mengatakan akan mengoptimalkan peran dan fungsi dari pengawas internal Polri baik Propam maupun Irwasda untuk memonitor para anggota agar tidak melakukan penyalahgunaan wewenang.

BERITA REKOMENDASI

Tidak tanggung-tanggung, Ryco Amelza berencana menggandeng pengawas internal, khusus untuk menindak anggotanya yang "nakal".

"Saya tindak tegas anggota yang salah, jangan jadi anggota Polri lagi.‎ Bukan hanya pengawas internal tapi saja juga libatkan pengawas eksternal. Selain itu saya juga gandeng Deputi Penindakan KPK untuk sama-sama membangun budaya antikorupsi," tambah Ryco Amelza.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas