Tribun

10 Tahun Rachel House, Galang Donasi untuk Anak-anak yang Hidup dengan Kanker dan HIV

Rachel House memperingati hari jadinya yang kesepuluh tahun dengan menggalang donasi untuk pasien yang membutuhkan uluran tangan dari masyarakat.

Penulis: Dewi Agustina
10 Tahun Rachel House, Galang Donasi untuk Anak-anak yang Hidup dengan Kanker dan HIV
NET
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun ini Rachel House memperingati hari jadinya yang kesepuluh tahun dengan menggalang donasi untuk pasien yang membutuhkan uluran tangan dari masyarakat.

Rachel House yang didirikan pada Oktober 2006 adalah lembaga nirlaba di Indonesia yang mempelopori asuhan paliatif anak untuk anak-anak yang hidup dengan kondisi membatasi hidup seperti kanker dan HIV.

Donasi dapat disalurkan melalui sebuah online platform yang bergerak dalam bidang sosial yaitu Kitabisa.com.

Rina Wahyuni, Koordinator Perawat Asuhan Paliatif Berbasis Rawat Rumah dalam keterangannya mengatakan peringatan hari jadi ini sekaligus bertujuan mendukung anak-anak Indonesia yang hidup dengan kanker dan HIV.

"Serta mendorong masyarakat untuk berperan lebih dalam membantu meningkatkan kesadaran tentang perlunya asuhan paliatif dan memberikan kehidupan yang layak untuk semua anak yang membutuhkan," ujar Rina Wahyuni.

Menurut Rina, hingga saat ini, Rachel House telah membawa perubahan positif yang nyata. Lebih dari 2.300 pasien anak dan keluarga mereka telah menerima asuhan paliatif rawat rumah, sehingga mereka dapat hidup terbebas dari rasa sakit, nyaman dengan keluarga mereka di rumah mereka sendiri, di lingkungan yang penuh kasih sayang.

Selain itu, lebih dari 1.700 perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya telah dilatih dalam asuhan paliatif.

Rachel House pun telah melatih lebih dari 2.100 relawan masyarakat dan membentuk “Community Network in Palliative Care” bersama mereka.

Saat ini kanker dan HIV termasuk dalam kategori penyakit dengan jumlah penderita yang besar sedunia.

Kanker adalah salah satu dari empat penyakit tidak menular yang bertanggung jawab atas 68 persen dari kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas