Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aspek Soft Skill Kunci Ciptakan Sekolah Ramah

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta sekolah dan kalangan pendidikan tidak hanya menitik beratkan kiprah di bidang pengajaran semata.

Editor: Content Writer
zoom-in Aspek Soft Skill Kunci Ciptakan Sekolah Ramah
dok. Pemprov Jabar
Seminar pendidikan di SMP Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Senin (14/11/2016). 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta sekolah dan kalangan pendidikan tidak hanya menitik beratkan kiprah di bidang pengajaran semata (hard skill).

Namun dengan segala energi positifnya, justru harus dapat menumbuh kembangkan aspek soft skill bagi siswa didik.

Menurut Aher, semua dinamika pemasalahan pendidikan yang mengemuka saat ini yakni lemah dalam karakter dan prilaku hanya bisa diatasi oleh soft skill, bukan semata oleh pengajaran yang bersifat teknis di kelas.

Demikian dinyatakan Aher saat menjadi narasumber pada seminar pendidikan di SMP Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Senin (14/11/2016).

Seminar pendidikan di SMP Laboratorium
Seminar pendidikan di SMP Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Cibiru, Kabupaten Bandung, Senin (14/11/2016).



"Tidak hanya hard skill (pengajaran -red), sekolah saat ini wajib tumbuhkan soft skill untuk wujudkan sekolah ramah bagi siswa dan guru. Ini tiada lain kecuali kedepankan aspek yang terkait kedewasaan emosional dan prilaku," kata Aher.

Soft skill, sambung Dia, akan menciptakan empati sesama, saling memahami, sopan santun, terbuka dan mudah beradaptasi. Diluar pengajaran, nilai-nilai inilah yang harus dikembangkan kepada siswa.

Seminar pendidikan ini rutin dilaksanakan UPI Kampus Cibiru dan kali ini diikuti ratusan peserta terdiri dari orang tua murid, civitas sekolah dan para siswa. Sekolah Laboratorium Percontohan UPI sejak pendiriannya mengusung kredo Sekolah Adiwiyata yang berbasis simple research dan berkarakter.

Berlokasi di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, sekolah ini sangat asri dan jauh dari kebisingan juga hiruk pikuk.

"Semoga dengan kawasan yang sangat mendukung ini juga, maka kiprah UPI sebagai leading sector pencetak tenaga pendidik berkualitas dapat tercipta sekaligus mampu menjadikan sekolah ini sebagai alternatif sekolah unggulan di kawasan Bandung Timur, "katanya.

Penekanan soft skill ini sudah berulang ditegaskan sebelumnya oleh Gubernur Aher, seperti dalam Een Sukaesih Award 2016 Anugerah Guru Inspiratif Jawa Barat, di Gedung Sate, awal Mei lalu.

Menurut Aher, secara umum, pendidikan Indonesia masih mengandalkan hard skill sehingga murid dihargai kecerdasannya dalam pemikiran saja sehingga tidak menyeluruh.

"Ada seorang anak tidak suka matematika, namun disisi lain dia cerdas secara pergaulan. Kecerdasan haruslah berbicara pemahaman dalam urusan kehidupan. Merekalah yang seimbang soft skill dan hard skill nya," imbuhnya.

Apabila terus menekankan hard skill, malah tidak bisa bergaul dengan sesama manusia yang lain. Pada akhirnya, pendidikan bisa menghasilkan manusia arogan, merasa pintar, dan tidak pernah menghargai manusia lain.

"Hard skill hebat tapi soft skill tidak. Padahal manusia harus punya kemampuan hidup harmonis dengan manusia lain. Egaliter, tawadhu, empati, dan kemampuan bahagia saat membahagiakan orang lain," katanya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas