Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenko Maritim Klaim Tol Laut Akan Jamin Ketersediaan Barang

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, mengklaim ketersediaan barang dan jasa serta kebutuhan lainnya di seluruh wilayah di Indonesia terpenuhi j

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Kemenko Maritim Klaim Tol Laut Akan Jamin Ketersediaan Barang
Yurike Budiman
Menhub Budi Karya saat meninjau KM Caraka Jaya Niaga III-4 yang digunakan sebagai kapal tol laut logistik Natuna di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (25/10/2016) sebelum keberangkatan perdananya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, BALI – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, mengklaim ketersediaan barang dan jasa serta kebutuhan lainnya di seluruh wilayah di Indonesia terpenuhi jika program Tol Laut sudah terlaksana.

Hal itu disampaikan oleh Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Kemeritiman, Ridwan Djamaluddin yang menjelaskan bahwa saat ini masih ada kesenjangan harga meskipun ketersediaan sudah mencukupi.

"Upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok sudah tercapai, tapi disparitas harga belum sepenuhnya bagus," jelasnya kepada wartawan, Bali, Minggu (20/11/2016)

Dicontohkan olehnya, beberapa wilayah di Indonesia seperti pulau-pulau terluar, akan sulit untuk memenuhi bahan pokok tertentu. Namun saat ini, sudah terpenuhi dengan harga yang tidak sebanding dengan kota atau kabupaten lainnya.

“Harganya memang masih tidak seimbang, tapi daripada tidak ada sama sekali. Makanya ini kita coba pelan-pelan,” ujarnya.

Ridwan mengaku harus ada penambahan trayek guna terus mengembangkan program tol laut yang memang bertujuan menurunkan disparitas harga di wilayah Indonesia bagian timur dan barat.

BERITA TERKAIT

"Memang trayeknya harus ditambah, juga ditambah sistem feeding (pengumpan) agar tidak berhenti di pelabuhan besar, tapi juga menuju pelabuhan kecilnya," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas