Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perusahaan Dirgantara Rusia akan Perbaiki Helikopter Mi-35P Penerbad

Mi-35P merupakan proyek pengembangan dari heli tempur legendaris Rusia, Mi-24 Hind, yang pertama kali diproduksi di era 1970-an.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Perusahaan Dirgantara Rusia akan Perbaiki Helikopter Mi-35P Penerbad
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Latihan Evakuasi Darat: Helikopter milik TNI AD MI-35 terbang diatas helikopter UH-60 Black Hawk milik Us Army bersiap melakukan latihan gabungan evakuasi darat di markas TNI AD Skadron II /Serbu Lanumad A Yani Semarang, Jateng, Senin (15/9/2014). Latihan gabungan ini melibatkan melibatkan 207 personel dari penerbad dan 103 personil Us Army dengan menggunakan 15 unit helikopter yang terdiri dari empat Bell-412, dua Bo-105, dua MI-35, satu MI-17 V5, empat AH Apache, satu UH-60 Black Hawk dan satu HH-60 Black Hawk. Latihan tersebut akan digabungakan dengan personil darat di Situbondo Jawa Timur untuk pada 29/9/2014 mendatang. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 

TRIBUNNEWS.COM - Perusahaan kedirgantaraan Russian Helicopters akan memperbaiki helikopter Mi-35P yang digunakan Penerbad (Penerbangan Angkatan Darat) dan mengirim perangkat aviasi untuk perbaikan pesawat lainnya.

Hal tersebut dikemukakan Layanan Pers Russian Helicopters, seperti dikutip TASS, Senin (5/12).

“Para spesialis Russian Helicopters telah memulai kegiatan untuk mengatur transportasi pengiriman helikopter Mi-35P Indonesia dalam rangka kerja terkait kerja sama pertahanan dan teknologi di bawah kontrak pada September 2016,” terang Layanan Pers perusahaan tersebut.

Mi-35P helikopter akan menjalani perbaikan di di Pabrik Perbaikan Aviasi (Aviation Repair Factory/ARF) 150.

“Perwakilan dari perusahaan Indonesia mulai membongkar, mothballingdan pemuatan helikopter beserta komponennya dalam kerja samanya dengan spesialis ARF 150, sejak 28 November 2016,” jelas Layanan Pers tersebut.

Dari empat helikopter tempur Mi-35P yang dipesan Penerbad, heli pertama dipasok ke Indonesia pada September 2003, sementara tiga helikopter lainnya kemudian dikirim setahun kemudian, yakni September 2010.

Mi-35P merupakan proyek pengembangan dari heli tempur legendaris Rusia, Mi-24 Hind, yang pertama kali diproduksi di era 1970-an.

BERITA TERKAIT

Sedikit berbeda dengan helikopter tempur buatan Barat yang memisahkan fungsi penyerang dan penyerbu, Mi-35P dilengkapi kemampuan mengangkut pasukan hingga delapan personel infanteri tempur bersenjata lengkap, seperti dikutip RBTH Indonesia.

Sebagai helikopter serang, Mi-35P yang digunakan Penerbad dilengkapi dengan roket S-8 kaliber 80 mm, pelontar chaff atau flare, meriam GSh-30 berkaliber 30 mm, dan rudal antitank 9M120 Ataka.

Sumber: Angkasa
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas