Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masyarakat yang Mudik Natal dan Tahun Baru Diimbau Jaga Ketertiban

Menjelang perayaan hari besar agama tak terkecuali natal, selalu dibarengi dengan tradisi pulang kampung atau mudik

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Masyarakat yang Mudik Natal dan Tahun Baru Diimbau Jaga Ketertiban
Tribunnews.com/ Ferdinand Waskita
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang perayaan hari besar agama tak terkecuali natal, selalu dibarengi dengan tradisi pulang kampung atau mudik. Tidak lengkap rasanya jika merayakan hari besar agama tanpa keberadaan keluarga besar.

Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan menilai mudik ini merupakan tradisi dan budaya asli Indonesia. Sudah menjadi kebiasaan kita menikmati liburan atau merayakan hari besar agama bersama sanak keluarga di kampung halaman ataupun menikmati liburan bersama keluarga di tempat-tempat wisata.

"Aktivitas perjalanan tentu saja akan meningkat signifikan. Angkutan laut, darat dan udara akan melonjak dari biasanya. Karena itu, saya mengimbau kepada saudara saudara kita pengguna jalan untuk tetap waspada dan berhati hati, mematuhi rambu rambu lalu lintas dan menaati instruksi petugas di jalan," kata Taufik melalui pesan singkatnya, Jumat (23/12/2016).

‎Taufik melihat, bahwasanya para petugas kita yang menjalankan tugas di waktu orang melaksanakan mudik telah bekerja dengan baik. Dikatakannya, mereka tanpa mengenal lelah menjaga semua kegiatan mudik natal dan tahun baru ini 24 jam nonstop, agar semuanya lancar dan aman.

"Untuk mereka yang mudik harus memiliki kondisi badan yang fit‎. Kedua kondisi kendaraan, harus fit juga seperti pengendara atau penumpangnya. Ketiga jangan buru-buru, ingat keluarga dikampung menanti, utamakan keselamatan, ke empat jangan bawa barang-barang berlebihan, kalau bisa beli di kampung saja, hitung-hitung mengapresiasi kearifan lokal," tuturnya.

Masih kata Taufik, ‎mudik natal dan tahun baru kali ini dirinya melihat cukup ramai. Macetnya kendaraan dimana-mana terutama disejumlah ruas jalan keluar dari ibukota atau kota-kota lainnya dan lonjakan penumpang yang menggunakan transportasi umum dimana hal itu menunjukkan gairah ekonomi masyarakat tetap stabil.

BERITA TERKAIT

"Saya mengimbau kepada kita semua, seluruh rakyat Indonesia untuk care, saling menjaga khususnya pada perayaan natal dan tahun baru yang tinggal menghitung hari saja. Beberapa kejadian terakhir pasti membuat ketidaknyamanan kita semua," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas