Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banyak Kepala Daerah Korupsi, Ini Saran Gema Kosgoro pada Kemendagri

Banyaknya kepala daerah tersangkut kasus korupsi menandakan ada yang salah dalam sistim rekrutmen kepala daerah

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Banyak Kepala Daerah Korupsi, Ini Saran Gema Kosgoro pada Kemendagri
istimewa
Ketua Umum DPN Gerakan Mahasiswa Kosgoro HM Untung Kurniadi didampingi Ketua Bidang Organisasi Adam Malik, Ketua Bidang Humas M.Sufi, Ketua DPP Gema Kosgoro DKI Jakarta Donny dan Wakil Sekretaris DPP Gema DKI Jakarta Ahmad diterima Sekretaris Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Budi Prasetyo, Direktur Organisasi Kemasyarakatan La Ode Ahmad dan Kepala Subdit Mitra dan Pemberdayaan pada Direktorat Jenderal Organisasi Kemasyarakatan Sunaryo di kantor Kemendagri Jakarta, Rabu (4/1/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Mahasiswa Kosgoro menyoroti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku pembina pemerintahan daerah untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan sekaligus menertibkan kepala daerah nakal menyusul meningkatnya jumlah kepala daerah yang tersangkut perkara tindak pidana korupsi.

Demikian disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa Kosgoro HM Untung Kurniadi dalam keterangannya seusai menyambangi Kementerian Dalam Negeri, Rabu (4/1/2016).

"Kami menyoroti tiga hal yang menyebabkan praktik korupsi yang menjerat kepala daerah yakni mahalnya biaya politik dalam pilkada, masih kentalnya politik dinasti dan karakter dari kepala daerah itu sendiri yang memang berniat korupsi," kata Untung.

Semestinya, kata dia  dengan mengacu kepada tiga tersebut Kemendagri dapat merumuskan kebijakan yang tepat sehingga rekrutmen kepala daerah dapat menghasilkan kepala daerah yang bebas korupsi.

Ia mencontohkan Kemendagri dapat menelurkan kebijakan menghapus biaya politik dan membatasi politik dinasti.

Bahkan bila perlu calon kepala daerah ditest secara kejiwaannya apakah cenderung korup atau tidak.

"Orang melamar kerja saja ditest kejiwaannya. Masa calon kepala daerah yang memiliki kewenangan yang luas tidak ditest," kata Untung.

BERITA TERKAIT

Untung mengatakan, Menteri Dalam Negeri selaku pembina pemerintahan daerah tidak cukup hanya bisa menyayangkan atau mengaku prihatin menyusul banyaknya kepala daerah yang terjerat praktik korupsi.

"Banyaknya kepala daerah tersangkut kasus korupsi menandakan ada yang salah dalam sistim rekrutmen kepala daerah. Dan ada yang salah dalam pengawasan dan pembinaan. Ini yang harus diperbaiki," kata Untung.

Dalam kunjungan tersebut, Untung didampingi Ketua Bidang Organisasi Adam Malik, Ketua Bidang Humas M.Sufi, Ketua DPP Gema Kosgoro DKI Jakarta Donny dan Wakil Sekretaris DPP Gema DKI Jakarta Ahmad diterima Sekretaris Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Budi Prasetyo, Direktur Organisasi Kemasyarakatan La Ode Ahmad dan Kepala Subdit Mitra dan Pemberdayaan pada Direktorat Jenderal Organisasi Kemasyarakatan Sunaryo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas