Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Umum PP Muhammadiyah Ajak Masyarakat Dewasa Sikapi Perbedaan

"Ini tinggal semua pihak mencoba untuk lebih matang, lebih dewasa dalam menyelesaikan masalah," ujar Haedar Nashir.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ketua Umum PP Muhammadiyah Ajak Masyarakat Dewasa Sikapi Perbedaan
Tribunnews.com/Imanuel Nicolas Manafe
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih dewasa dalam menyikapi perbedaan atau kemajemukan.

"Ini tinggal semua pihak mencoba untuk lebih matang, lebih dewasa dalam menyelesaikan masalah," ujar Haedar Nashir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Baca: Jokowi Ajak Ketum PP Muhammadiyah Makan Siang Khas Indonesia

Haedar Nashir mengibaratkan kemajemukan yang ada pada masyarakat Indonesia seperti air dan minyak, sehingga gesekan diantara perbedaan itu sangat mungkin terjadi.

"Dalam masyarakat majemuk, baik agama, suku, ras dan golongan, prinsipnya kan nonkomplementer. Masyarakat majemuk itu ibarat air dan minyak. Karena itu kalau ada gesekan itu hal yang alamiah," ucap Haedar Nashir.

Namun, Haedar Nashir menegaskan bahwa tidak ada kaitannya antara intoleransi dengan Pilkada, khususnya DKI Jakarta yang tengah berlangsung.

"Sebenarnya kan soal Pilkada ini kan bagian dari dinamika politik kan. Ya kita kembalikan saja ke regulasi politik, jangan ditarik ke mana-mana dan semua pihak harus punya etika di dalam berpolitik. Simpel saja semua itu. Itu enggak ada kaitannya dengan toleransi atau intoleransi ya," kata Haedar Nashir.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas