Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuti Bagi Ayah Mendukung Ibu dan Bayi Sehat

Karenanya pelibatan peran ayah termasuk di awal-awal kelahiran menjadi penting

zoom-in Cuti Bagi Ayah Mendukung Ibu dan Bayi Sehat
Halomoney.co.id
Ilustrasi cuti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peran pengasuhan anak merupakan peran seiring sejalan yang harus dilakukan baik oleh seorang ibu maupun ayah.

Karenanya pelibatan peran ayah termasuk di awal-awal kelahiran menjadi penting.

“Di awal kelahiran, seorang ibu masih memerlukan pemulihan fisik sekaligus support besar dalam hal memenuhi hak anak mendapatkan ASI Eksklusif, sehingga kehadiran seorang ayah secara penuh dapat mendukung peningkatan kesehatan baik bagi ibu maupun bayi.” Kata Anggota Komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amalia dalam pernyataannya yang diterima Tribunnews, Selasa(17/1/2017).

Mengingat hal tersebut, Ledia juga mengapresiasi program kerja cagub cawagub DKI Jakarta Anies-Sandiaga yang menempatkan pemberian hak cuti bagi ayah satu pekan sebelum dan tiga pekan sesudah isteri melahirkan sebagai bagian dari janji kerja.

Program Anies-Sandiaga berupa cuti bagi ayah (paternity leave) di masa isteri melahirkan ini akan bisa memberikan kesempatan para suami untuk mendampingi isteri di masa-masa krusial menjelang dan pascamelahirkan dengan tenang.

Hal ini diperlukan mengingat wewenang pemberian hak cuti bagi PNS di kalangan pegawai pemprov berada di tangan gubernur.

“Suami yang mendampingi isteri di masa-masa awal melahirkan ini akan mendorong sang ibu menjadi lebih rileks dan upaya memberikan ASI Ekslusif pun diharapkan akan berjalan lebih baik. Ini berarti keuntungan buat semua. Buat bayi, buat ibu, buat ayah yang terlibat dalam pengasuhan sejak awal, bahkan buat pemerintah sendiri yang masih harus menggenjot angka pencapaian paparan pemberian ASI Eksklusif di tengah masyarakat,” papar Ledia.

BERITA REKOMENDASI

Hingga saat ini, angka target nasional capaian pemberian ASI Eksklusif adalah 80% dari jumlah seluruh ibu melahirkan. Sementara data dari Profil Kesehatan Indonesia, Kemenkes 2016, angka pencapaian paparan pemberian ASI Eksklusif di DKI Jakarta baru berjumlah 67,1% dari jumlah seluruh ibu melahirkan di DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas