Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seskab: Saber Pungli Sudah Timbulkan Efek Jera

Pramono Anung mengungkapkan, beberapa kegiatan distribusi barang di Indonesia mulai terlihat bersih dari praktik pungli.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Seskab: Saber Pungli Sudah Timbulkan Efek Jera
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Jaksa Agung HM Prasetyo (kiri), Menko Polhukam Wiranto (tengah), dan Menseskab Pramono Anung saat menggelar jumpa pers terkait paker kebijakan reformasi hukum nasional di kantor presiden, Jakarta, Jumat (21/10/2016). Paket kebijakan reformasi hukum nasional ini memfokuskan pemberantasan pungli dengan membentuk satgas sapu bersih (Saber) pungli dan satgas Saber penyelundupan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) terlihat sudah menimbulkan efek jera.

"Bahwa saber pungli yang merupakan produk dari reformasi hukum tahap pertama itu sudah berjalan dan sudah dirasakan efek jera," ujar Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Pramono Anung mengungkapkan, beberapa kegiatan distribusi barang di Indonesia mulai terlihat bersih dari praktik pungli.

"Misalnya perjalanan barang dari Surabaya ke Jakarta harus melalui tahapan pungli sekarang kan sudah hilang melalui tahapan saber pungli ini," ucap Pramono Anung.

Untuk memperkuat atau memperluas jangkauan reformasi hukum, Pramono Anung mengatakan saat ini akan dibahas lebih lanjut di dalam rapat terbatas terkait reformasi hukum tahap dua.

"Inti dari ratas hari ini adalah bagaimana memberikan rasa aman, terutama kepada pelaku usaha, kemudian adalah membuat pelayanan publik yang lebih baik, hal yang berkaitan dengan SIM, KTP, paspor dan sebagainya," ujar Pramono Anung.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas