Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komisi III DPR: Ada Upaya Robohkan Konstitusi

Syaiful Bahri Ruray menilai ada upaya untuk merobohkan konstitusi Indonesia saat ini.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Komisi III DPR: Ada Upaya Robohkan Konstitusi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar keluar dari gedung KPK memakai baju tahanan usai menjalani pemeriksaan, di Jakarta, Jumat (27/1/2017). Patrialis Akbar bersama tiga orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan kasus suap gugatan UU Peternakan dan Kesehatan Hewan di MK. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Syaiful Bahri Ruray menyayangkan adanya dugaan suap yang menjerat Hakim Konstitusi Patrialis Akbar.

Dari kasus tersebut, Syaiful Bahri Ruray menilai ada upaya untuk merobohkan konstitusi Indonesia saat ini.

"Sepertinya ini (konstitusi) yang sedang dirobohkan," ujar Syaiful Bahri Ruray dalam diskusi Perspektif Indonesia bertajuk 'Lagi, Korupsi di Mahkamah Konstitusi' yang digelar oleh Smart FM bersama Populi Center di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (28/1/2017).

Sebab, kata Syaiful Bahri Ruray, hakim konstitusi merupakan penjaga konstitusi, sehingga upaya suap ini merupakan upaya untuk merobohkan konstitusi.

"Karena kalau bicara MK, mahasiswa hukum itu selalu diajarkan konstitusi itu tidak bisa diutak-atik, kecuali revolusi. Kalau penjaga konstitusi itu digoyang, artinya kita berupaya rombak dasar negara, staat fundamental norm," ucap Syaiful Bahri.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas