Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sandi: Sudah Ada Warga yang Tertarik Ikut Program Rumah Tanpa DP

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa program rumah tanpa uang muka atau down payment (DP) yang sempat dilontarka

Penulis: Regina Kunthi Rosary
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Sandi: Sudah Ada Warga yang Tertarik Ikut Program Rumah Tanpa DP
Regina Kunthi
Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan Nur Asia ditemui di kediaman Raffi Ahmad di Green Andara Residence, Cinere, Depok, Sabtu (18/2/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Regina Kunthi Rosary

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa program rumah tanpa uang muka atau down payment (DP) yang sempat dilontarkan dalam Debat Publik Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu mulai diminati warga.

"Malah ada sekarang beberapa warga yang bilang, Kami boleh daftar duluan, nggak, sekarang? Mereka sangat tertarik. Menurut saya, ini sebuah program yang sangat inovatif dan alhamdulillah warga sangat tertarik. Malah bilang, Bisa daftar seperti oke oce dulu, nggak? Saya bilang, harus izin pak gubernurnya," tutur Sandiaga Uno ketika ditemui di kediaman Raffi Ahmad di Green Andara Residence, Cinere, Depok, Sabtu (18/2/2017).

Dikatakan Sandiaga Uno, jumlah bulan yang menjadi waktu bagi warga untuk menabung sebelum membayar cicilan rumah tengah dihitung kembali.

"Mungkin enam atau 12 bulan, kami sedang menghitung lagi supaya kami lihat pattern-nya, dia menabungnya berapa dan kuatnya berapa cicilan, termasuk skema DP seperti apa yang mereka bisa," ucap Sandiaga Uno.

Program sejenis, menurut Sandiaga Uno, juga telah berjalan di beberapa negara lain.

"Justru ini sudah ada, kok, di negara-negara lain, ada skemanya. Pas Mas Anies bilang ke saya, tolong dihitung, saya menghitung. Memang yang kami hadirkan itu bukan sesuatu yang sangat-sangat berubah secara fundamental. KPR-nya tetap jalan, tapi kami cari solusinya untuk DP-nya," tutur Sandiaga Uno.

BERITA TERKAIT

Anies Baswedan menambahkan, terkait aturan yang dikeluarkan BI, program tersebut juga masih memungkinkan untuk direalisasikan.

"Itu sebetulnya kalau dilihat aturan BI juga memungkinkan. Anda lihat aturan BI tahun 2016 pasal 17, itu memungkinkan kalau pemda atau pemerintah memiliki program, maka yang aturan itu dipakai untuk komersial, program komersial. Tapi kalau program khusus, boleh. Ada ruangnya," tutur Anies Rasyid Baswedan.

"Menurut saya, begini, kalau memang anda punya solusi lebih baik, tunjukkan solusinya. Ini adalah solusi kami. Malah jutaan orang di Jakarta kepengin punya rumah dan kami memberikan solusi. Jangan terlalu panik kalau ada solusi yang baik. Buatlah solusi yang lebih baik lagi," lanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas