Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Dokumen Akan Dihasilkan dalam KTT IORA

Ada empat dokumen yang akan dihasilkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Empat Dokumen Akan Dihasilkan dalam KTT IORA
(Copyright of the Indian Ocean Rim Association Leaders' Summit)
Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) 2017. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada empat dokumen yang akan dihasilkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) tahun ini.

Pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan KTT IORA, yang digelar 5 – 7 Maret 2017 di Jakarta Convenction Center (JCC), Jakarta.

Dari konferensi tersebut akan dihasilkan empat dokumen untuk mendorong perdamaian, kestabilan, dan kesejahteraan negara-negara kawasan Samudra Hindia.

Empat dokumen itu adalah IORA Concord, IORA Action Plan, IORA Declaration on Preventing and Countering Terrorism and Violent Extremism.

Baca: Indonesia dan Australia Akan Angkat Isu Pemberdayaan Perempuan dalam KTT IORA

Serta Joint Declaration of the IORA Business Community to Build Partnerships for a Sustainable and Equitable Economic Growth.

BERITA TERKAIT

Menurut Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Siti Sofia Sudarma, Minggu (5/3/2017), empat dokumen tersebut akan disepakati para kepala negara anggota IORA.

Keempatnya juga sudah dibahas pada pertemuan tingkat pejabat tinggi yang digelar Minggu dan didukung 21 anggota IORA dan tujuh mitra dialog.

IORA Concord merupakan dokumen berisi visi dan norma kerja sama IORA di masa depan dalam menghadapi tantangan di kawasan Samudra Hindia.

Selanjutnya, IORA Action Plan adalah dokumen yang membahas implementasi komitmen area prioritas dan lintas sektoral.

Lalu, IORA Declaration on Preventing and Countering Terrorism and Violent Extremism menjadi dokumen kesepakatan negara-negara IORA untuk memerangi terorisme dan kekerasan ekstremis.

Terakhir, Joint Declaration of the IORA Business Community to Build Partnerships for a Sustainable and Equitable Economic Growth akan mendeklarasikan kerja sama dan kemitraan untuk perdagangan, investasi, dan UKM.

KTT IORA yang digelar tahun ini mengangkat sejumlah bidang kerja sama, di antaranya keamanan dan keselamatan maritim, dan fasilitasi perdagangan investasi.

Selain itu, akan dibahas pula perkara manajemen risiko bencana, manajemen perikanan, akademi dan IPTEK, pariwisata dan pertukaran budaya, pemberdayaan perempuan, dan blue economy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas