Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Komitmen Negara-negara Kawasan Samudera Hindia Dukung Upaya Keamanan Maritim

KTT IORA menghasilkan komitmen negara-negara anggotanya mendukung upaya keamanan maritim.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ini Komitmen Negara-negara Kawasan Samudera Hindia Dukung Upaya Keamanan Maritim
Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
KTT IORA 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) menghasilkan komitmen negara-negara anggotanya mendukung upaya keamanan maritim.

Di hari puncak KTT IORA, Selasa (7/3/2017), deklarasi Jakarta Concord dihasilkan.

Deklarasi tersebut disahkan sejumlah kepala dan perwakilan negara-negara anggota IORA.

Melalui deklarasi tersebut, negara-negara itu berkomitmen atas banyak isu, termasuk mendukung keamanan dan keselamatan maritim di kawasan Samudera Hindia.

Baca: KTT IORA Sahkan Empat Dokumen Hari Ini

Beberapa komitmen yang diambil untuk mendukung itu seperti melakukan koordinasi efektif antara negara-negara anggota IORA di bidang navigasi dan layanan SAR maritim.

BERITA TERKAIT

Selain itu, komitmen diimplementasikan melalui upaya memperkuat kerja sama regional terkait penanganan terorisme, penculikan, dan penyelundupan via laut.

Tak hanya di bidang keamanan maritim, komitmen negara-negara IORA juga mencakup kerja sama bidang perdagangan dan investasi, perikanan, penanganan bencana, iptek, dan pariwisata.

Ada pula beberapa bidang yang menjadi prioritas komitmen, yaitu blue economy, pemberdayaan perempuan, budaya demokrasi, good governance, perlindungan HAM, dan pemberantasan korupsi.

Jakarta Concord ditandatangani oleh para perwakilan negara anggota IORA, yakni Australia, Bangladesh, Komoro, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik.

Turut mengesahkan pula para perwakilan dari Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Sebelumnya, deklarasi tersebut telah didiskusikan di tingkat menteri pada Senin (6/3/2017) dan dibahas di pertemuan tingkat pejabat tinggi pada Minggu (5/3/2017).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas