Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Majelis Hakim Tolak Permintaan Jaksa KPK Menahan Miryam S Haryani

Ketua majelis hakim Jhon Halasan Butar Butar mengatakan permintaan tersebut belum bisa mereka terima

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Majelis Hakim Tolak Permintaan Jaksa KPK Menahan Miryam S Haryani
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan menghadiri sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (30/3/2017). Novel Baswedan dan dua orang penyidik KPK lainnya yaitu Irwan Santoso dan Ambarita Damanik menjalani sidang konfrontir dengan mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani terkait kasus dugaan korupsi penerapan KTP elektronik dengan terdakwa Irman dan Sugiharto. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta tidak mengabulkan permintaan Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menerapkan Pasal 174 KUHAP dan langsung menahan saksi Miryam S Haryani.

Pasal 174 berbunyi apabila saksi tetap pada keterangannya itu, hakim ketua sidang karena jabatannya atau atas permintaan penuntut umum atau terdakwa dapat memberi perintah supaya saksi itu ditahan untuk selanjutnya dituntut.

"Kami berharap Miryam dikenakan memberikan keterangan palsu dan dilakukan penahanan terhadap yang bersangkutan," kata Jaksa Irene Putrie di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Ketua majelis hakim Jhon Halasan Butar Butar mengatakan permintaan tersebut belum bisa mereka terima karena berpendapat masih memerlukan keterangan dari saksi-saksi lainnya.

"Majelis berpendapat bahwa untuk menggunakan apa yang saudara katakan tadi, memandang perlu untuk lebih lanjut mendengar keterangan saksi-saksi lalinnya dan tapi tidak berarti menutup anda menempuh proses hukum di luar Pasal 174 itu," kata Jhon Halasan Butar Butar.

Dalam persidangan tersebut, Miryam menegaskan tetap mencabut isi BAP yang telah dia tanda tangani saat penyidikan di KPK.

Miryam mengaku saat itu ditekan dan tetap diancam penyidik KPK yakni Novel Baswedan, Ambarita Damanik dan Irwan Santoso.

BERITA TERKAIT

Padahal dalam BAP tersebut merinci jumlah uang yang dibagi-bagikan kepada anggota DPR RI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas