Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wiranto Tegaskan Jamaah Tablig Bukan Organisasi Teroris

"Jamaah Tablig ini bukan suatu organisasi yang ekstrim, bukan organisasi yang bergerak di bidang politik dan terorisme

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Wiranto Tegaskan Jamaah Tablig Bukan Organisasi Teroris
capture video
Antrean menuju perbatasan Kota Marawi dengan Iligan mengular. Warga Marawi rela menunggu di bawah terik matahari untuk menyelamatkan diri keluar dari area konflik. Tidak mudah untuk masuk ke dalam Kota Illigan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelas orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Marawi, Filipina Selatan, adalah anggota Jamaah Tablig.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, Jamaah Tablig, bukan lah bagian dari organisais teror.

"Jamaah Tablig ini bukan suatu organisasi yang ekstrim, bukan organisasi yang bergerak di bidang politik dan terorisme, betul-betul dakwah," ujarnya kepada wartawan di kantor Menkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017).

Sebelas orang dari organisai yang kerap mengirimkan anggota nya berdakwah di berbagai tempat itu, terjebak di Marawi, di mana terjadi konflik antara kelompok bersenjata pendukung Islamiq State of Iraq and Syria (ISIS) melawan militer Filipina.

Sebagian dari penjuang ISIS yang ikut berperang melawan militer Filipina di Marawi, adalah warga dari luar Filipina.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Mabes Polri sudah menerima informasi, bahwa salah satu pejuang ISIS yang tewas adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun hal itu belum bisa diklarifikasi.

BERITA REKOMENDASI

Karena diduga tidak terlibat dengan kelompok bersenjata yang berperang melawan militer Filipina, Wiranto mengatakan pemerintah bersedia membantu pemulangan ke sebelas orang tersebut. Sampai hari ini, upaya itu masih terus dilakukan.

"Kita berusaha mengeluarkan mereka dari sana, tidak mudah kan, mengeluarkan sekelompok orang (di wilayah) yang dikepung tentara, itu kan perlu waktu," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas