Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pabrik Suku Cadang Sukhoi Akan Dibangun di Indonesia

Pembelian pesawat tempur Sukhoir SU 35, pasti terlaksana menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Pabrik Suku Cadang Sukhoi Akan Dibangun di Indonesia
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesawat Tempur Sukhoi (SU-27SKM) terparkir di hanggar Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (29/3/2017). Pesawat tempur yang ditugaskan melakukan pengawasan udara di wilayah NKRI khususnya di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II tersebut berjumlah 16 pesawat yang terdiri dari Sukhoi 27 SK dan Sukhoi 30 SK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pembelian pesawat tempur Sukhoir SU 35, pasti terlaksana menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Ia memastikan pesawat tempur generasi 4 sebanyak sepuluh unit itu, pasti datang ke Indonesia.

"Dari dua tahun lalu saya sudah nego(siasi) itu, sudah (pasti datang)," ujarnya kepada wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Kemenkopolhukam), Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Kapan sepuluh unit pesawat tempur buatan Russia itu akan tiba di tanah air, ia menyebut hal itu ada di tangah Kementerian Perdagangan (Kemendag), yang ikut menangani pembelian Sukhoi SU 35.

"Itu urusan Kementerian Perdagangan, saya minta beli, kemudian 'G to G'(Goverment to Goverment / Pemerintah ke pemerintah), tidak ada calon, kemudian ada lima puluh persen imbal dagang," ujarnya.

Selain itu, perjanjian antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Russia terkait pembelian pesawat tempur yang mampu melakukan maniver Pugachev Cobra itu, adalah pembangunan suku cadang pesawat tempur di Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Mereka akan buat pabrik di sini untuk suku cadang, jadi nggak usah bawa-bawa ke Russia, mahal itu. Jadi nanti yang punya (pesawat) Sukhoi seperti Malaysia, perbaikannya sama kita (saja)," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas