Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banyak Intervensi Politik, Anak Muda Malas Masuk Komnas HAM

Dari hasil panitia seleksi Komnas HAM, tercatat ada 60 calon anggota komisioner. Mereka semua dikategorikan berusia cukup tua.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Banyak Intervensi Politik, Anak Muda Malas Masuk Komnas HAM
Tribunnews.com/Adiatmaputra
Diskusi Koalisi Pemantauan Pansel Komnas HAM 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dari hasil panitia seleksi Komnas HAM, tercatat ada 60 calon anggota komisioner. Mereka semua dikategorikan berusia cukup tua.

Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM (PBHI) Indonesia menilai kelompok muda saat ini tidak tertarik untuk masuk ke Komnas HAM. Pasalnya banyak intervensi dan tekanan politik, sehingga mereka mengurungkan niatnya.

"Kelompok muda berpikir ulang masuk ranah Komnas HAM. Di dalam proses dinamika Komnas HAM cukup rumit," ujar anggota PBHI Toto Yulianto di Jakarta, Minggu (2/7/2017).

Menurut Toto lebih mudah jika kaum remaja masuk ke dalam sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dibandingkan Komnas HAM. Karena Toto menyebutkan ada banyak afiliasi politik yang kuat di dalam lembaga negara tersebut.

"Berbeda ketika di LSM, ada tekanan politik, intervensi. Wajar saja, periode ini dari generasi tua," ungkap Toto.

Toto menambahkan generasi muda saat ini berperan aktif dalam proses penyeleksian Komnas HAM. Meski tidak terjun langsung sebagai calon anggota komisioner, Toto yakin generasi remaja bisa pemantauan Komnas HAM ke depan.

"Banyak generasi muda ikut andil dalam proses penyeleksian," jelas Toto.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas