Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Wiranto Beberkan Alasan Pemerintah Bertahan di Angka 20 Persen

Jika ambang batas ditentukan di bawah 20 persen, maka akan semakin banyak kandidat yang muncul, dan menurut Wiranto hal tersebut dikhawatirkan

Wiranto Beberkan Alasan Pemerintah Bertahan di Angka 20 Persen
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jend. TNI. Purn. Wiranto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Pemerintah bersikukuh presidential treshold atau ambang batas untuk pemilihan presiden di angka 20 persen, menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, antara lain demi ketertiban pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Jika ambang batas ditentukan di bawah 20 persen, maka akan semakin banyak kandidat yang muncul, dan menurut Wiranto hal tersebut dikhawatirkan menimbulkan sejumlah permasalahan bagi penyelenggara pemilu, yang pada akhirnya merugikan banyak pihak.

"Sehingga tidak perlu untuk kemudian punya calon presiden yang cukup banyak, yang mekanismenya nanti menambah 'keruwetan' penyelenggara pemilu," ujarnya kepada wartawan di komplek parlemen, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Pemilihan presiden yang ideal menurut pemerintah adalah pemilihan yang berlangsung pada 2014 lalu, di mana Calon Presiden RI. Joko Widodo bersaing melawan Calon Presiden RI. Prabowo Subianto, di mana Joko Widodo atau Jokowi akhirnya keluar sebagai pemenang. Dengan jumlah kandidat yang sedikit, Wiranto mengatakan potensi masalah yang timbul juga semakin sedikit.

"Yang kemarin kan bagus, ada pengerucutan calon pemimpin lewat komunikasi politik, ada pengerucutan calon presiden lewat lobi-lobi partai politik, dan orientasinya adalah kualitas," katanya.

"Kalau ada mekansime bagus seperti itu, kita tidak harus berubah ya, kita lanjutkan saja. Ada calon yang bagus, tidak terlalu banyak, tapi berkualitas," terangnya.

Sikap pemerintah yang masih bersikukuh di angka 20 persen, bertentangan dengan sejumlah partai politik. Namun menurut Wiranto, pemerintah sudah menemui sejumlah petinggi partai, untuk membahas ambang batas. Kata dia, sudah ada titik temu antara pemerintah dengan sejumlah pimpinan partai.

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas