Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Pastikan Perppu Ormas Tidak Menyasar Organisasi Tertentu

Tjahjo memastikan bahwa penerbitan Perppu semata-mata untuk melindungi kedaulatan Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pemerintah Pastikan Perppu Ormas Tidak Menyasar Organisasi Tertentu
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (26/5/2017). KPK bersama Kementerian Dalam Negeri mengadakan rapat koordinasi terkait penguatan aparat pengawas internal pemerintah (APIP) dengan fokus pencegahan yang dilakukan oleh inspektorat dimasing-masing daerah. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas tidak menyasar kelompok atau organisasi tertentu.

Tjahjo memastikan bahwa penerbitan Perppu semata-mata untuk melindungi kedaulatan Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Perppu tidak menyasar pada suatu agama maupun organisasi tertentu, tetap lebih kepada kewajiban negara dalam melindungi kedaulatan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Tjahjo dalam keterangannya, Sabtu (15/7/2017).

Tjahjo juga memastikan Pemerintah tidak akan menggunakan cara-cara yang represif dalam menjalankan Perppu tersebut.

“Saat ini Pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah konkret dalam melaksanakan Perppu dimaksud, tentunya dengan tidak mengedepankan kerepresifan (otoriter) sebagaimana dituduhkan (isukan) belakangan ini,” kata Tjahjo.

Saat ini, ungkap Tjahjo, tim Pemerintah yang dikomandoi oleh Menkopolhukam telah bekerja dan mengumpulkan info terkait ormas yang melanggar.

“Bagi ormas (melanggar larangan) yang berbadan hukum maka akan dicabut SK badan hukum oleh kemenkumham, bila ormas (melanggar larangan) tidak berbadan hukum SKT-nya akan dicabut oleh Kemendagri sesuai dengan asas contrarius actus (yang telah diatur dalam Perppu),” kata Tjahjo.

BERITA REKOMENDASI

Tjahjo menambahkan Pemerintah juga tengah menyiapkan bahan untuk disampaikan kepada DPR, dengan harapan DPR dapat menyetujui dan menetapkan Perppu menjadi Undang-Undang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas