Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diincar Tiga Partai, Sudirman Said Tidak Mau Besar Kepala

Jelang Pilgub Jateng 2018 sejumlah nama cagub mulai beredar. Nama mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said masuk dalam dafta

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Diincar Tiga Partai, Sudirman Said Tidak Mau Besar Kepala
TRIBUNNEWS/WAHYU AJI
Sudirman Said 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang Pilgub Jateng 2018 sejumlah nama cagub mulai beredar. Nama mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said masuk dalam daftar nama yang beredar tersebut.

Setidaknya ada tiga partai yang menyebut nama Sudirman Said masuk dalam radar mereka. Ketiga partai itu adalah Gerindra, PAN, dan PKS.

"Tentunya saya merasa terhormat. Tapi saya tidak mau gege mongso, tidak mau mendahului proses yang tengah berjalan di partai," kata Sudirman, yang juga KetuaTim Sinkronisasi Anies-Sandi di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut, nama Sudirman Said masuk dalam pertimbangan partai pimpinan Prabowo Subianto itu untuk diajukan sebagai cagub Jateng.

Nama Sudirman muncul bersama dengan nama Abdul Wachid, Ketua DPD Gerindra Jateng, dan Rahayu Saraswati, anggota DPR RI Fraksi Gerindra, yang juga anak dari pengusaha sekaligus pendiri Gerindra, Hasjim Djodjohadikusumo.

"Nama lain dari luar Gerindra yang kami harapkan dapat menyemarakkan Pilkada Jateng adalah Pak Sudirman Said dan Kukrit Suryo Wicaksono (Direktur Suara Merdeka)," kata Ahmad Muzani di Jakarta (7/7) lalu.

PKS, partai yang oleh Prabowo Subianto disebut sebagai sekutu Gerindra, juga menyebut nama Sudirman Said dalam kandidat nama dari luar PKS yang akan diajukan sebagai cagub Jateng 2018 mendatang.

BERITA TERKAIT

Ketua DPW PKS Jateng Kamal Fauzi menyebut sejumlah nama dari internal partai yang sudah muncul ke permukaan. Di antaranya Kamal Fauzi, Abdul Kharis Almasyhari, Abdul Fikri Faqih, Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, Hidayat Nur Wahid, Ahmadi, dan Arif Awaludin.

"Yang dari eksternal partai, ada Pak Budi Waseso, Pak Sudirman Said (SS), dan ada Mas Ganjar Pranowo," katanya di Semarang, Jumat (7/7).

Jauh sebelumnya Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto mengungkapkan, Sudirman Said dan mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar masuk dalam bursa kandidat cagub Jateng pilihan PAN.

"Ada banyak calon. Marwan Jafar dan Sudirman said untuk gubernurnya. Wakilnya kita dorong dari PAN," kata Yandri di Jakarta, Kamis (4/5).

Sudirman sendiri mengakui sudah melakukan komunikasi dengan pimpinan Gerindra, PKS, dan PAN, baik di pusat maupun Jateng.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Prabowo, Pak Zulkifli Hasan, juga dengan Pak Sohibul Iman. Dengan pimpinan ketiga partai di Jateng juga saya sudah bertemu. Kita tunggu prosesnya saja," jelas dia.

Dalam proses menunggu itu, Sudirman terus berkomunikasi dan bersilaturrahim dengan berbagai komponen masyarakat Jateng, baik dari kalangan ulama, tokoh masyarakat, aktivis, mahasiswa, pelajar, dan komponen masyarakat lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas