Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dirjen Dukcapil: Ketika Data Center Kita Besar, Masyarakat Tinggal Tap di Finger Print

Kemendagri tengah melakukan berbagai inovasi terkait induk kependudukan, data kependudukan dan KTP elektronik.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Dirjen Dukcapil: Ketika Data Center Kita Besar, Masyarakat Tinggal Tap di Finger Print
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan dengan KPK, di Jakarta, Jumat (10/3/2017). Pertemuan tersebut membahas optimalisasi pemanfaatan data kependudukan dalam e-KTP. Data itu nantinya dapat digunakan untuk keperluan pemberian berbagai subsidi dan aktivitas perbankan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh‎ mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai inovasi terkait induk kependudukan, data kependudukan dan KTP elektronik.

Menurut Zudan, dengan inovasi yang dilakukan pihaknya bertujuan agar memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya tanpa perlu membawa KTP.

"Ke depan, orang tidak perlu bawa KTP elektronik. Ketika data center kita besar, masyarakat tinggal tap di finger print," kata Zudan di kawasan Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Baca: Nasdem Ajak Semua Pihak Tidak Cepat Terprovokasi Atas Sumber yang Telah Dimanipulasi

Dengan adanya kemudahan tap di finger print tersebut, Zudan berharap akan mengatasi penyelewengan bantuan untuk masyarakat.

"Pemberian bantuan, subsidi pupuk, subsidi gas tinggal melakukan sidik jari. Program ini kami dorong terus menerus," tandasnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas