Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Belum Pegang Rekaman Johannes Marliem

Febri menyebut pihaknya belum mengetahui perihal rekaman sebanyak 500 gigabyte (GB) yang dimiliki Direktur Biomorf Lone LLC Johannes Marliem.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in KPK Belum Pegang Rekaman Johannes Marliem
facebook.com/johannesmarliem78
Johannes Marliem 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah menyebut pihaknya belum mengetahui perihal rekaman sebanyak 500 gigabyte (GB) yang dimiliki Direktur Biomorf Lone LLC Johannes Marliem.

Rekaman itu disebut-sebut memuat rekaman percakapan pertemuan-pertemuan antara pihak Johannes Marliem dengan pihak-pihak yang terkait dengan proyek e-KTP.

Baca: Begal Nekat Rampas Motor Polwan yang Hendak Apel Pagi

"Kami tidak tahu persisnya mengenai rekaman yang sampai ratusan GB tersebut," jelas Febri saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).

Menurut Febri, tanpa rekaman itu KPK sudah percaya diri untuk menetapkan tersangka-tersangka dalam korupsi mega proyek e-KTP tersebut.

Hal itu terbukti dengan ditetapkannya Irman dan Sugiarto sebagai terdakwa pada pengadilan tindak pidana korupsi dan pada pengadilan tingkat pertama.

Baca: Rumah Bos First Travel Bak Istana Harga Gordennya Capai Rp 700 Juta

BERITA REKOMENDASI

Tapi Febri tidak menampik rekaman itu juga dibutuhkan untuk memperkuat dugaan terhadap orang-orang yang diduga terlibat korupsi e-KTP tersebut.

"Kalaupun nanti ada bukti-bukti lain dan dalam proses penyidikan membuktikan bahwa itu memperkuat tentu akan lebih baik," pungkas Febri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas