Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gambar Bendera Indonesia Dipasang Terbalik, Menpora Diminta Tak Temui Perwakilan Malaysia

Wakil Ketua Komisi DPR RI Meutya Hafidz mengecam keras kesalahan gambar bendera Merah-Putih yang dipasang terbalik pada buku panduan SEA Games 2017.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Gambar Bendera Indonesia Dipasang Terbalik, Menpora Diminta Tak Temui Perwakilan Malaysia
tribunnews
Bendera negara Republik Indonesia terbalik di buku panduan yang diberikan kepada seluruh tamu undangan pembukaan SEA Games 2017. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi DPR RI Meutya Hafidz mengecam keras kesalahan gambar bendera Merah-Putih yang dipasang terbalik pada buku panduan SEA Games 2017.

Lewat akun Twitter pribadinya, politikus Partai Golkar ini menilai apa yang dilakukan Malayasia sebagai tuan rumah SEA Games 2017 sangat ceroboh.




"Terbaliknya bendera Indonesia dalam materi pertandingan persahabatan Sea Games adalah kecerobohan yang melukai rasa persahabatan dua negara," kata Meutya, Minggu (20/8/2017).

Komisi I DPR yang membidangi urusan luar negeri ini berharap Menpora punya sikap tegas soal kesalahan tersebut.

"Saran saya kepada Menpora Imam, tidak menerima dulu kunjungan Menpora Malaysia hingga kesalahan diperbaiki, materi dicetak ulang dan dibagikan ulang yang benar dengan penjelasan kepada forum Sea Games bahwa materi yang diterima sebelumnya salah," katanya.

Capture Bendera Terbalik yang diunggah Imam Nahrowi, Sabtu (19/8/2017)
Capture Bendera Terbalik yang diunggah Imam Nahrowi, Sabtu (19/8/2017) (Twitter Iman Nahrowi)

Menurutnya, diplomasi sejatinya kerja sulit karena perlu kecerdasan, ketekunan serta kewaspadaan juga kehati-hatian.

BERITA TERKAIT

"Yang terucap, tertulis, tergambar dalam tugas diplomasi haruslah hasil olahan matang kesemua unsur tersebut," katanya.

Dia menegaskan, siapapun yang memilih menjadi tuan rumah ajang diplomasi, termasuk diplomasi olah raga dalam skala besar harus memahami ketiga prinsip diplomasi tersebut.

"Jika tidak, tak perlu menawarkan diri menjadi host," katanya.

Sebelumnya, Imam mencuit kekecewaan di sosial media terkait kesalahan pemasangan gambar bendera, "Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah..."

Pemerintah Indonesia akan mengajukan protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) sehubungan dengan bentuk bendera Indonesia yang terpampang di buku panduan SEA Games XXIX.

Pada Majalah yang dimasukkan dalam goodiebag souvenir pembukaan SEA Games XXiX di halaman 80 terpampang bendera dalam bentuk kotak tanda panah berwarna Putih Merah.

"Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games XXIX," ujar Imam Nahrawi usai menyaksikan Pembukaan SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017) malam.

Imam mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menko PMK untuk langkah selanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas