Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Malaysia Didesak Jelaskan Insiden Bendera Terbalik

Wakil Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, mendesak Malaysia untuk segera memberi penjelasan terkait kecerobohan terbalik mencetak bendera

Editor: Sanusi
zoom-in Malaysia Didesak Jelaskan Insiden Bendera Terbalik
tribunnews
Bendera negara Republik Indonesia terbalik di buku panduan yang diberikan kepada seluruh tamu undangan pembukaan SEA Games 2017. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, mendesak Malaysia untuk segera memberi penjelasan terkait kecerobohan terbalik mencetak bendera Republik Indonesia dalam buku panduan SEA Games di Kuala Lumpur 2017.

Ia menyarankan agar Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sementara tak menerima kunjungan Menpora Malaysia sebelum ada perbaikan dari kesalahan tersebut.

"Materi dicetak ulang dan dibagikan ulang yang benar dengan penjelasan kepada forum SEA Games bahwa materi yang diterima sebelumnya salah," ujar Meutya melalui keterangan tertulis, Minggu (20/8/2017).




Baca: Tidak Hanya di Buku Panduan SEA Games, Bendera Indonesia Terbalik Juga Ada di Koran Malaysia

Ia menilai insiden terbaliknya bendera Indonesia itu melukai rasa persahabatan antara Indonesia dan Malaysia.

Siapa pun yang menjadi tuan tumah ajang diplomasi, kata dia, harus memahami prinsip-prinsip diplomasi atau tak perlu menawarkan diri sebagai tuan rumah.

Adapun SEA Games dianggap sebagai diplomasi olah raga dalam skala besar. Politisi Partai Golkar itu menuturkan, diplomasi memang merupakan kerja sulit karena memerlukan kecerdasan, ketekunan dan kehati-hatian.

BERITA TERKAIT

"Yang terucap, tertulis, tergambar dalam tugas diplomasi haruslah hasil olahan matang semua unsur tersebut," ucap Meutya.

Pemerintah sebelumnya akan melakukan protes terhadap pihak penyelenggara. Buku panduan dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017).

Dalam halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera Merah Putih milik Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah.

"Saya kira ini sangat teledor dan ceroboh sekali. Hal ini mencederai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Panitia lokal Malaysia pun lantas mengeluarkan permohonan maaf secara resmi. Surat tersebut diunggah di akun Twitter resmi SEA Games 2017 @KL2017. Pemerintah Malaysia pun sudah meminta maaf atas kejadian ini.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Kompas.com, dengan judul: Pimpinan Komisi I DPR Desak Malaysia Jelaskan Insiden Bendera Terbalik

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas