Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Tidak Izinkan Dirdik Aris Budiman Hadir di Pansus KPK

"Pimpinan tidak sependapat untuk yang bersangkutan (Direktur Penyidikan Aris Budiman) hadir malam nanti,

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in KPK Tidak Izinkan Dirdik Aris Budiman Hadir di Pansus KPK
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Direktur Penyidikan baru Kombes Pol Aris Budiman (kiri) dan Kepala Biro Hukum baru AKBP Setiadi saat upacara pelantikan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015). Aris Budiman sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Mabes Polri dan Setiadi sebelumnya bertugas pada biro Hukum Mabes Polri. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mengizinkan Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK, Brigjen Pol Aris Budiman datang dalam rapat dengan pendapat umum panitia khusus (Pansus) Hak angket di DPR malam nanti, Selasa (29/8/2017).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang dalam pesan singkatnya pada awak media.

"Pimpinan tidak sependapat untuk yang bersangkutan (Direktur Penyidikan Aris Budiman) hadir malam nanti," kata Saut.

‎Terpisah Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengaku pihaknya sudah menerima surat dari DPR tertanggal 28 Agustus terkait undangan untuk Aris hadir dalam RDPU dengan Pansus Angket KPK.

"Respon terhadap surat tersebut perlu kami pertimbangkan agar langkah KPK sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Febri.

Diketahui, Pansus Angket DPR terkait Tugas dan Wewenang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan meminta keterangan Direktur Penyidikan KPK, Brigjen Pol Aris Budiman.

Rencananya, hal itu dilakukan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) akan dilakukan pada hari Selasa (29/8/2017) pukul19.30 WIB nanti.

BERITA TERKAIT

"Kami undang itu bagian dari langkah maju pansus (agar) publik mulai terpahami. Jangan lagi berdalih proses penangan perkara e-KTP kami memanggil itu untuk intervensi," kata Ketua Pansus Angket Agun Gunandjar Sudarsa saat dikonfirmasi, Selasa (29/8/2017).

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, Brigjen Aris Budiman pasti hadir setelah mendapatkan ijin dari Kapolri.

Baca: Sejarah Baru, BNN Resmi Rangkul TNI

"Hadir sudah ijin dia ini kan penyidik polri yang atasannya adalah polri. Kapolri sudah beri ijin," kata Agun.

Sebelum RDP dengan Brigjen Pol Aris Budiman, Pansus Angket KPK akan menggelar RDP dengan Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

"RDP dengan Dirjen Pemasyarakatan terkait dengan barang-barang sitaan yang dilakukan oleh KPK," kata Agun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas