Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Menag Saat Wukuf di Arafah: Rawat Persaudaraan

Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, Lukman Syaifuddin melanjutkan, Rasulullah berpesan kepada kita untuk merawat persaudaraan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pesan Menag Saat Wukuf di Arafah: Rawat Persaudaraan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com,Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH-- "Persaudaraan adalah sesuatu yang mendasar, oleh Rasulullah dijadikan indikator kemabruran," tutur Menag, Lukman Syaifuddin, pada sambutan wukuf pada (31/8/2017).

Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, Lukman Syaifuddin melanjutkan, Rasulullah berpesan kepada kita untuk merawat persaudaraan.




 "Janganlah sesama kita saling menumpahkan darah, saling merampas harta sesama. Harapannya sesama manusia saling memberikan perdamaian," tambah Lukman.

Ia mengatakan Hari ini (31/8) bersama jutaan jemaah haji seluruhndunia hadir di tempat yang mulia, dan saat yang istimewa. Inilah Arafah. 

"Puncak dari ibadah yang sedang kita lakukan. Banyak ulama mengatakan, di Arafah inilah puncak dari kesadaran setiap umat manusia untuk mengenali siapa dirinya. Karenanya, dia mengenali siapa Tuhannya," tambah Lukman.

Menurutnya, perbedaan yang ada bukan menjadi menghambat dalam menjalin persaudaraan.

BERITA TERKAIT

"Setajam apapun perbedaan di antara kita, jangan sampai mengoyak sisi kemanusiaan kita karena kita diikat persaudaraan sesama manusia," ujarnya.

Ia juga berpesan semoga perjalanan di Arafah membawa berkah dan membawa jemaah dapat mewujudkan merawat persaudaraan di lingkungan sekitar.

"Mudah-mudahan Arafah membawa kita semua pada kesadaran ini dan membawa kita untuk mampu mewujudkannya di lingkungan kita masing-masing," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas