Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Siapkan Dua Langkah Tanggulangi Bencana Kekeringan

Presiden Joko Widodo mengungkapkan Pemerintah menyiapkan dua langkah menanggulangi bencana kekeringan.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Jokowi Siapkan Dua Langkah Tanggulangi Bencana Kekeringan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan orasi ilmiah pada puncak perayaan Dies Natalis ke-60 Universitas Padjadjaran (Unpad) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (11/9/2017). Dalam orasi ilmiahnya, Presiden Jokowi berharap agar universitas menjadi garda terdepan dalam perang informasi, khususnya memerangi informasi hoax. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengungkapkan Pemerintah menyiapkan dua langkah menanggulangi bencana kekeringan.

Langkah jangka pendek, Jokowi meminta kepada jajaran dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat yang terkena dampak kekeringan.

"Saya juga minta dicek terkait suplai air untuk irigasi pertanian yang sangat dibutuhkan terutama untuk mengairi lahan-lahan pertanian di daerah-daerah yang terdampak," ujar Jokowi saat menggelar rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Baca: Polisi Tangkap Penghina Istri Presiden Jokowi di Instagram

Untuk langkah jangka panjang, Jokowi mengatakan Pemerintah telah banyak membangun bendungan atau embung di beberapa daerah.

Ia berharap infrastruktur tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terdampak kekeringan, yang membutuhkan air bersih.

Baca: Misteri Pistol yang Membunuh Pegawai BNN Indria Kameswari

BERITA TERKAIT

"Saya juga minta diantsipasi ketersediaan stok bahan pangan di beberapa daerah sehingga tidak mengalami kelangkaan dan stabilisasi harga bisa terjaga," tutur Jokowi.

"Sekali lagi, saya titip pesan agar kita tidak lengah untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di lahan gambut seperti pada tahun 2015," kata Jokowi menambahkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas