Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amelia Yani: Misi Kami Putera-puteri Pahlawan Revolusi dan Keluarga PKI adalah Cinta Damai

Putri Pahlawan Revolusi Ahmad Yani itu menegaskan misi damai kini disuarakan terus oleh keluarga para jenderal

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Amelia Yani: Misi Kami Putera-puteri Pahlawan Revolusi dan Keluarga PKI adalah Cinta Damai
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah warga melihat beberapa tempat bersejarah di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (29/9/2015). Tanggal 1 Oktober merupakan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sekaligus mengenang korban peristiwa G30S/PKI khususnya tujuh pahlawan revolusi. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "Misi kami anak-anak forum putera-puteri Pahlawan revolusi dan keluarga PKI dan semua yang ada di FSAB adalah misi damai. Kami cinta damai.''

Hal itu ditegaskan Putri Pahlawan Revolusi Ahmad Yani, Amelia Yani, kepada Tribun, Rabu (30/9/2015) melalui sambungan telepon.

Putri Pahlawan Revolusi Ahmad Yani itu menegaskan misi damai kini disuarakan terus oleh keluarga para jenderal yang menjadi korban peristiwa 30 September maupun para keluarga PKI.

Termasuk kata Amelia, para keluarga lain dari peristiwa masa lalu sudah berhimpun dalam Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB).

"Misi kami anak-anak forum putera-puteri Pahlawan Revolusi dan keluarga PKI dan semua yang ada di FSAB adalah misi damai. Kami cinta damai," ujar Amelia kepada Tribun, Rabu (30/9/2015) melalui sambungan telepon.

Di Forum bersama itu, kata Puteri Ahmad Yani ini, duduk bersama membangun dan menjalin perdamaian bagi bangsa dan negara ini.

Dalam forum ini pula, semua anggota menjadi ujung tombak rekonsiliasi dan damai.

BERITA TERKAIT

"Misi kami adalah misi damai. Bukan buat konflik baru," katanya.

Baca: Puteri Pahlawan Revolusi Ahmad Yani: Komunis Sudah Mati!

Hal senada juga disuarakan oleh Putra Keempat tokoh PKI DN Aidit, Ilham Aidit.

Ia menuturkan, para keluarga baik dari kelarga para jenderal yang menjadi korban peristiwa 30 Septermber maupun para keluarga PKI, termasuk para keluarga lain dari perisiwa masa lalu sudah berhimpun dalam Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB).

Forum ini, Ilham ini menjelaskan mereka yang tergabung dalam forum ini menjadi ujung tombak rekonsiliasi.

"Motto kami, tidak mewariskan konflik dan membuat konflik baru. Intinya begini. kalau para orang tua berkonflik, anak-anaknya tak perlu berkonflik. Konflik itu jangan pernah diwariskan, itu kesepakatan kami," kata Ilham saat berbincang dengan tribun melalui telepon, Rabu (30/9/2015).

Ilham kemudian curhat dalam kesehariannya, sebagai anak tokoh PKI. Meski Peraturan Menteri Dalam Negeri tahun 1981 sudah dicabut Ilham mengaku kerap mendapatkan tindakan diskriminatif.

"Misalnya, kami yang tua-tua kumpul-kumpul kemudian digrebek oleh ormas saat kami ingin menerbitkan buku yang ditulis oleh kawan-kawan tua Lekra. Mereka kerap menulis buku, tapi kerap digrebek dan diminta untuk tidak diterbitkan. Jadi, meski peraturan perundangan sudah dicabut, tapi masih ada resistensi masyarakat," cerita Ilham.

"Saya bergaul dengan masyarakat biasa saja. Akan tetapi dengan beberapa ormas, yang membuat kami terhalang dalam melakukan kegiatan," ujar Ilham yang kini mengaku berusia 55 tahun.(Tribun, 30 September 2015)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas