Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI Harusnya Jadi Penyejuk, Bukannya Menambah Persoalan

Tahun ini, berawal dari digeruduknya kantor YLBHI Pusat yang diduga menggelar diskusi soal PKI.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Panglima TNI Harusnya Jadi Penyejuk, Bukannya Menambah Persoalan
Panglima TNI/HASAN SAKRI GHOZALI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menaburkan bunga ke makam Panglima BEsar Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Yogyakarta, Selasa (19/9/2017). TNI menggelar ziarah nasional dalam rangka memperingati HUT TNI ke 72. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto mengatakan, ada tujuan tertentu polemik soal peristiwa G30S/PKI kembali diangkat, hingga ramai diperbincangkan.

Tahun ini, berawal dari digeruduknya kantor YLBHI Pusat yang diduga menggelar diskusi soal PKI.

"Saat ini setelah 18 tahun era reformasi pro dan kontra terhadap kebangkitan PKI menjadi perbincangan dan tuduhan adanya kedekatan pemerintahan Jokowi-JK terhadap para korban dan bekas PKI," kata Hari Purwanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/9/2017).

Dirinya juga menyesalkan instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada jajarannya agar menonton film peristiwa G30S/PKI yang pernah menjadi tontonan wajib di era Orde Baru.

"Peran Panglima TNI sebagai bagian dari pemerintah seharusnya menjadi penyejuk, bukannya menambah persoalan dan bermain di air keruh," kata Hari Purwanto.

Baca: Polres Bangka Tangkap Aktivis Nelayan Secara Sewenang-wenang

Hari mengaku khawatir ada pihak yang memanfaatkan peluang untuk melambungkan namanya tetap bertahan menuju tahun politik 2019.

BERITA REKOMENDASI

"Pro dan kontra peristiwa G30S/PKI tentunya akan digunakan kelompok-kelompok tertentu untuk mengambil keuntungan pra kondisi menuju tahun politik untuk meraih kekuasaan," kata Hari Purwanto.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, yang bisa menghentikan dirinya menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI hanyalah pemerintah.

Menurutnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo telah mengizinkan dirinya untuk memerintahkan personelnya menonton film yang kerap diputar di era orde baru itu.

Panglima TNI juga menjelaskan, nobar film yang masih menjadi polemik itu bertujuan untuk mengingatkan para generasi muda akan kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas