Tribun

Presiden Bagikan Bantuan PKH di Salatiga, Mensos: Keluarga Miskin Makin Familiar Dengan ATM

Fakta ini membuktikan peralihan skema bantuan sosial dari tunai menjadi non-tunai turut mendorong perwujudan cahsless society.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Presiden Bagikan Bantuan PKH di Salatiga, Mensos: Keluarga Miskin Makin Familiar Dengan ATM
Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan bantuan sosial Program Keluarga Harapan di SMA Negeri 3, Salatiga, Senin (25/9/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, SALATIGA - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan agar dana bantuan sosial tidak digunakan untuk perilaku konsumtif.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat pencairan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di SMA Negeri 3 Salatiga, Senin (25/9/2017).

Ikut hadir mendampingi, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Disini saya sampaikan kembali, jangan pakai uang bansos ini untuk beli pulsa dan rokok ya. Tapi untuk pendidikan dan kebutuhan sekolah anak. Bisa juga untuk tambahan modal usaha," ujarnya.

Presiden meminta masyarakat penerima bantuan membiasakan perilaku menabung.

Apalagi saat ini bansos disalurkan secara nontunai dan semua penerima bantuan memiliki rekening tabungan bank.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan saat ini masyarakat kurang mampu semakin familiar terhadap transaksi non-tunai.

Fakta ini membuktikan peralihan skema bantuan sosial dari tunai menjadi non-tunai turut mendorong perwujudan cahsless society.

"Mereka (Keluarga Penerima Manfaat-red) sudah tidak canggung lagi dengan ATM, semakin terbiasa menggunakan mesin tersebut," ungkap Khofifah di sela penyerahan bansos Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Salatiga.

Menurut Khofifah, dua program bantuan sosial yakni PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai akan menjadi katrol utama percepatan literasi industri perbankan. Khususnya kepada masyarakat miskin Indonesia penerima bantuan sosial.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas