Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pengobatan Gratis TNI

TNI Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Panjang Kabupaten Serang

Sebanyak 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang Kec. Pulau Ampel Kel. Pasir Putih Kab. Serang

TNI Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Panjang Kabupaten Serang
Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.
Sebanyak 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang Kec. Pulau Ampel Kel. Pasir Putih Kab. Serang, Jumat (22/9/2017). Pengobatan gratis dipimpin oleh Kadiskesal Laksma TNI Drg R.A Nora Lelyana, MH. Kes. selaku Koordinator Pelaksana. 

Laporan Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa

TRIBUNNEWS.COM, SERANG - Sebanyak 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang Kec. Pulau Ampel Kel. Pasir Putih Kab. Serang, Jumat (22/9/2017). Pengobatan gratis ini menggunakan KRI dr. Soeharso 99 yang merupakan rangkaian kegiatan Bakti Sosial (Baksos) TNI dalam rangka HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 dipimpin oleh Kadiskesal Laksma TNI Drg R.A Nora Lelyana, MH. Kes. selaku Koordinator Pelaksana.

Pengobatan gratis dari TNI.
Pengobatan gratis dari TNI. (Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.)

Disela-sela kegiatannya Laksma TNI R.A Nora Lelyana yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) TNI AL menyampaikan bahwa pelaksanaan Baksos ini mendapatkan respon masyarakat didaerah Serang yang sungguh luar biasa. “Kemarin kita hanya sekitar 200 lebih tapi pagi ini kita baru turun jam 7 sampai jam 8 pagi yang sudah mendaftar sekitar 400 lebih. Inilah wujud kehadiran negara untuk mereka,”  katanya.

Lebih lanjut Kadiskesal mengatakan bahwa TNI bekerjasama dengan seluruh elemen pemerintah terkait, bahu membahu membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Dengan menggunakan KRI dr. Soeharso, TNI berusaha menjangkau daerah-daerah yang sulit dalam akses kesehatan seperti di Pulau Ampel ini.  

Pengobatan gratis dari TNI.
Pengobatan gratis dari TNI. (Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.)

“Kita hadirkan semua dari mulai pengobatan sampai spesialis lengkap untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Kita juga membawa 271 dokter spesialis di KRI dr. Soeharso,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Laksma TNI R.A Nora Lelyana menyampaikan bahwa tujuan khusus Baksos TNI adalah mewujudkan masyarakat sehat dan mendukung program Presiden RI yaitu program masyarakat sehat. “Tidak bisa hanya satu instansi, tapi semuanya harus bersinergi termasuk TNI yang merupakan bagian dari rakyat, kita hadir di pulau-pulau yang sulit terjangkau,” imbuhnya.

Laksma TNI Nora juga menyatakan bahwa dalam operasi Rumah Sakit Angkatan Laut, sudah biasa menemukan kasus-kasus sulit, seperti kasus yang membutuhkan penanganan khusus. Kalau memang membutuhkan perawatan lebih lanjut akan merujuk ke Rumah Sakit TNI yang ada. “Kegiatan  Baksos di Pulau Panjang ini terdiri dari khitanan, pengobat gigi dan pengobatan umum serta menyerahkan 10 kursi roda dan 500 paket sembako. Kemudian ada 65 poli1 khitan, 43 poli gigi, 514 poli umum, dengan jumlah penduduk 2.500 orang terdiri dari 1.300 KK,” ujarnya.

Pengobatan gratis dari TNI.
Pengobatan gratis dari TNI. (Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.)

Diakhir sambutannya Kadiskesal selaku Koordinator pelaksanaan Baksos TNI menjelaskan bahwa kegiatan Baksos merupakan kemanunggalan dan peran aktif TNI bersama Rakyat TNI kuat, kegiatan ini akan dilaksanakan di pulau-pulau yang berada di wilayah Provinsi Banten antara lain, Pulau Panjang, Pulau Tunda, Ujung Kulon dan puncaknya di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon Banten pada tanggal 28 September 2017.

“Kegiatan pengobatan ini langsung ditangani ditempat, apabila ada masyarakat yang belum dapat pengobatan bisa mendaftarkan lagi dan tentunya akan ditindaklanjuti pada kesempatan berikutnya,” tandasnya.

Penulis: FX Ismanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas