Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bupati Rita Benarkan Bos PT CGA Setor Uang untuk Proyek di Kukar

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari (RIW) mengakui pemilik PT Citra Gading Asritama Ichsan Suadi memberikan sejumlah uang kepada Komisaris PT Medi

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, KUKAR - Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari (RIW) mengakui pemilik PT Citra Gading Asritama Ichsan Suadi memberikan sejumlah uang kepada Komisaris PT Media Bangun Bersama Khairudin terkait pengerjaan proyek di Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hal tersebut diungkapkan Rita usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Hery Susanto Gun (HSG), Dirut PT Sawit Golden Prima di kasus dugaan suap terkait pemberian izin lokasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru, Kec Muara Kaman kepada PT SGP.

Baca: 7 Makanan Penyebab Rematik yang Sebaiknya Dihindari

"Katanya ada Khairuddin, nerima uang dari pak Ichsan yang punya CGA (Citra Gading Asritama)," ujar Rita, Rabu (18/10/2017).

Namun, Rita mengklaim uang yang disetorkan kepada Khairudin tersebut tidak diterima olehnya. Kader partai Golkar ini berani menjamin tidak ada bukti aliran uang dari Khairudin yang masuk ke dirinya.

"Saya tidak pernah ada bukti material dari Khairudin ke saya," tegas Rita.

Rita menuturkan ada sejumlah proyek yang dimenangkan PT CGA di Pemkab Kukar. Dia mengaku tidak tahu dari proyek apa saja, Khairudin mendapatkan sejumlah uang dari perusahaan yang berkantor di Malang, Jawa Timur itu.

BERITA TERKAIT

Guna mendalami pemberian uang, penyidik KPK telah memeriksa pemilik PT Citra Gading Asritama Ichsan Suadi dan beberapa karyawannya di Malang.

Baca: Kapolri Beri Penjelasan Tentang Manfaat Densus Tipikor

Berdasarkan penelusuran dan informasi yang didapat, PT CGA milik Ichsan menjadi perusahaan yang mengerjakan proyek-proyek pembangunan di Kutai Kartanegara.

Beberapa proyek tersebut yakni pembangunan jalan di Kawasan Central Bisnis Distrik Tenggarong, proyek pembangunan jalan poros Kembang Janggut–Klekat Kukar serta proyek pembangunan Royal World Plaza (RWP) di Tenggarong.

Rita melanjutkan saat diperiksa penyidik, dirinya juga dicecar soal posisi Khairudin. Dia menyebut, Khairudin dikaitkan sebagai tim pemenangan dirinya yang berniat maju dalam pemilihan gubernur Kalimantan Timur.

Baca: Edarkan Narkoba, Mantan Polisi Ditangkap

"Ditanyai tentang hubungan kerja, apakah dia (Khairudin) tim sukses atau pemenang. Karena dikait-kaitkan dia ketua tim pemenang saya sebagai gubernur, mungkin begitu," tambah Rita.

Informasi yang beredar Khairudin yang kini sitahan dan berstatus tersangka bersama Rita di kasus penerimaan gratifikasi disebut-sebut sebagai tangan kanan Rita, yang mengawal proyek di Pemkab Kutai Kartanegara.

Khairudin juga disebut-sebut sebagai ketua dari tim 11 bentukan Rita untuk mengamankan sejumlah proyek. Namun soal keberadaan tim 11 telah dibantah Rita.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas