Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kode Jokowi untuk Moeldoko di Resepsi Pernikahan Putrinya

"Bahkan ini kode keras dari Jokowi yang akan meminang Moeldoko masuk Istana,” kata Hendro di Jakarta, Kamis (9/10/2017).

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kode Jokowi untuk Moeldoko di Resepsi Pernikahan Putrinya
Tribunnews.com
Mewakili keluarga Jokowi, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko memberikan sambutan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko dipercaya Presiden Jokowi untuk mewakili keluarganya menyambut tamu undangan dalam perikahan Kahiyang-Bobby.

Sikap Jokowi ini pun dinilai memiliki pesan tersendiri.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendro Satrio, mengatakan meskipun tidak mempunyai hubungan keluarga dengan Jokowi dan tidak menjabat Panglima TNI lagi, kepercayaan tersebut jadi bukti Moeldoko tetep memiliki kedekatan dengan kepala negara.

"Bahkan ini kode keras dari Jokowi yang akan meminang Moeldoko masuk Istana,” kata Hendro di Jakarta, Kamis (9/10/2017).

Baca: Wakili Keluarga Jokowi Berikan Sambutan, Moeldoko: Alam Ikut Bergembira

Hendro mengatakan, Moeldoko sangat mungkin dilirik oleh Jokowi untuk memperkuat Istana untuk menghadapi isu toleransi dan keberagaman yang belakangan ‘dimainkan' pihak tertentu untuk menggoyang pemerintahan Jokowi.

"Bisa saja Moeldoko mengisi salah satu pos kementerian atau memimpin lembaga baru. Saya memperkirakan kemungkinan memimpin kementerian,” ujar Hendro.

BERITA TERKAIT

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi, juga menilai kemunculan Moeldoko sebagai perwakilan keluarga Jokowi sebagai penanda bahwa sang jenderal itu tidak dilupakan oleh Panglima Tertinggi.

“Ini justru mengisyaratkan ‘kebangkitan’ politik Moeldoko, mengingat namanya relatif 'tenggelam’ usai pensiun dari orang nomor satu di TNI,” kata Ari.

Bahkan, menurut Ari, penunjukan Moeldoko bisa dibaca sebagai rasa ketertarikan Jokowi terhadap sosok peraih Adhi Makayasa Akabri 1981 ini.

"Justru dari gestur Pak Moeldoko saya melihat ada semacam rencana penugasan dari RI- 1 untuk Moeldoko ke depannya. Bisa jadi ini terkait dengan ketidakharmonisan yang terbaca dari luar antara Presiden dengan Panglima TNI," urai Ari.

moeld
Mewakili keluarga Jokowi, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko memberikan sambutan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

Sebelumnya dalam kata sambutan mewakili keluarga Jokowi, Moeldoko mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan yang telah berbagi kebahagiaan di ‘istana hati’.

"Sengaja saya menyebut istana hati, karena perhelatan kali ini ternyata sungguh mampu membahagiakan dan membuat banyak pihak senang hati,” kata Moeldoko yang tampil memakai setelan jas hitam.

“Alam pun seakan ikut bergembira. Alhamdulillah, respon rembulan pun malam ini bersinar dengan sungguh baik dan terang,” kata Moeldoko didampingi dua putra Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas