Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi akan Menari Mandailing di Acara Ngunduh Mantu

Acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi dilangsungkan sejak 24 November hingga 26 November 2017.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jokowi akan Menari Mandailing di Acara Ngunduh Mantu
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution disuguhi 'Itak Poul-poul' makanan khas adat Mandailing saat tiba di kediaman Bobby di Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/2017). Prosesi ngunduh mantu putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution akan digelar pada 24-26 November 2017 mendatang dengan adat Mandailing. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Event Organizer yang menyelenggarakan acara ngunduh mantu putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu sudah melakukan berbagai persiapan di rumah orang tua Bobby Nasution, Bukit Hijau Regency, Tasbih Medan.

Beberapa petugas kebersihan tampak memotong rumput dan dahan-dahan pohon, ada yang mendirikan tenda-tenda dan mengeluarkan berbagai perabotan dari dalam rumah.

Setiap aktivitas yang dilakukan orang-orang di rumah Bobby dikawal ketat oleh petugas keamanan dari TNI/Polri.

Acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi dilangsungkan sejak 24 November hingga 26 November 2017.

Namun sebelum acara ini, berbagai acara prosesi adat Batak Mandailing akan diikuti pasangan Bobby dan Kahiyang Ayu.

Baca: Kapolres Deliserdang Borong 40 Helai Kain Tenun Khas Mandailing

Presiden Jokowi dijadwalkan baru mengikuti acara pada saat acara inti yaitu 24 November hingga 27 November.

BERITA TERKAIT

"Dalam acara ini nanti Presiden Jokowi akan manortor (menari tarian Mandailing)," ujar Muhammad Fauzi, owner Fokus Wedding Planner.

Putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution berjalan diiringi musik Gondang Tapak Dua saat tiba di kediaman Bobby di Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/2017). Prosesi ngunduh mantu putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution akan digelar pada 24-26 November 2017 mendatang dengan adat Mandailing. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
Putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution berjalan diiringi musik Gondang Tapak Dua saat tiba di kediaman Bobby di Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/2017). Prosesi ngunduh mantu putri Presiden RI Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution akan digelar pada 24-26 November 2017 mendatang dengan adat Mandailing. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI (TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi)

Kahiyang Ayu, Putri Presiden Jokowi dan Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi tiba di Kota Medan kemarin.

Setibanya di Kota Medan, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan mengikuti berbagai rangkaian prosesi adat.

Kahiyang Ayu nantinya setiba di rumah akan mengikuti acara adat Harouan Boru, dimana Kahiyang Ayu akan ditepung tawari, kemudian menginjak tumbuh-tumbuhan yang disiapkan oleh pihak keluarga.

"Setiba di rumah nanti, saat Kahiyang memijakkan kakiknya, ada acara Harouan Boru. Kahiyang akan di upa-upa (ditepung tawari). Kemudian ada tumbuh-tumbuhan yang sudah disiapkan, salah satunya pisang," ujar Dedi Armaya, Tim Media Center Ngunduh Mantu Presiden Jokowi.

Baca: 58 Karyawan Nyonya Meneer Menangkan Gugatan Senilai Rp 2 Miliar Lebih

Dedi menuturkan maksudnya menginjak tanaman ini, dengan harapan supaya kehidupan keluarga Bobby Nasution dan Kahiyang ayu sejuk di kemudian hari.

"Harapannya keluarga Bobby dan Kahiyang langgeng, sejuk," ucapnya.

Adapun rangkaian acaranya yaitu tanggal 21 November 2017 pemberian marga untuk Kahiyang, kemudian di tanggal 24 dan 25 November acara adat, di hari Minggunya, 26 November 2017 acara resepsi pernikahan. (ryd/mei/wly)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas