Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perlu Langkah Luar Biasa Mengurai Persoalan Guru Honorer

Ketua Fraksi PPP DPR RI Reni Marlinawati mengatakan, harus ada langkah yang diambil terkait nasib guru honorer di Tanah Air.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Perlu Langkah Luar Biasa Mengurai Persoalan Guru Honorer
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
TUNTUT UPAH SETINGKAT UMK - Guru honorer se-Jawa Barat melakukan unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (31/10/2016). Dalam aksinya mereka menyuarakan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengalokasikan anggaran guru honorer untuk upah setingkat UMK. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Fraksi PPP DPR RI Reni Marlinawati mengatakan, harus ada langkah yang diambil terkait nasib guru honorer di Tanah Air.

Reni membuat tiga catan penting dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2017.




"Persoalan kesejahteraan guru merupakan catatan utama dari peringatan hari guru nasional tahun 2017 ini. Persoalan guru honorer sampai saat ini masih menjadi persoalan pelik di dunia pendidikan. Seperti masih ada guru honorer yang hanya mendapat gaji Rp 150 ribu setiap bulannya," kata Reni lewat keterangan yang diterima wartawan di Jakarta, Minggu (26/11/2017).

Anggota Komisi X DPR RI ini menjelaskan, tenaga pengajar honorer yang berjumlah hampir satu juta orang tersebar di seluruh Indonesia, harus menjadi perhatian semua pihak.

Baca: Chris ONeill: Orang Korea Utara Paling Benci dengan Orang Jepang

"Perlu ada langkah extraordinary (luar biasa) untuk mengurai persoalan guru honorer. DPR dan pemerintah harus duduk bersama untuk mencari keluar atas persoalan ini," kata Reni.

BERITA TERKAIT

Dia menjelaskan, persoalan peningkatan kualitas guru juga menjadi perhatian semua pihak.

Menurutnya, profesi guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan harus dipastikan memiliki kualitas yang bagus.

"Peningkatan kapasitas para guru harus senantiasa dilakukan oleh pemerintah untuk memastikan mengikuti perkembangan zaman. Terlebih, tantangan tenaga pendidik saat ini menghadapi generasi millennial yang sarat dengan inovasi," kata Reni.

Baca: 21 Kedatangan dan Keberangkatan Penerbangan Internasional di Bandara Ngurah Rai Dicancel

Dia mendesak supaya pemerintah lebih memastikan pemerataan penyebaran tenaga pendidik agar tidak terjadi ketimpangan kualitas guru antardaerah.

"Pemerataan tenaga pendidik ini penting untuk memastikan anak didik memiliki kualitas yang bagus dan sama di seluruh tanah air," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas