Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Pilkada 2018, Bank Daerah Diminta Waspada

Untuk itu, PPATK memperingatkan perbankan, khususnya bank daerah supaya tidak melakukan kegiatan operasional bank yang tidak sesuai dengan...

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jelang Pilkada 2018, Bank Daerah Diminta Waspada
Priyombodo
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank daerah berpotensi dimanfaatkan para calon kepala daerah untuk membiayai kampanye. Ini berdasarkan kajian yang dilakukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menjelang pilkada serentak pada 2018.

Baca: Polisi Bekuk Pencuri iMac di Kantor Humas Polri

"Berdasarkan kajian PPATK menjelang pilkada serentak pada 2018, perbankan, khusus bank daerah rentan dan berpotensi digunakan dan dimanfaatkan para calon kepala daerah membiayai segala bentuk kampanye dan memuluskan jalan menjadi kepala daerah," tutur Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin, Selasa (19/12/2017).

Dia menjelaskan, modus menjelang pilkada berupa pemberian atau pengucuran kredit dalam jumlah relatif besar kepada masyarakat penerima manfaat sebenarnya adalah para calon kepala daerah yang akan bertarung.

Untuk itu, PPATK memperingatkan perbankan, khususnya bank daerah supaya tidak melakukan kegiatan operasional bank yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, PPATK mengimbau seluruh calon kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada serentak 2018 untuk bersikap jujur, terhormat dan kesatria dalam memenangkan hati pemilih.

BERITA REKOMENDASI

"PPATK mengimbau agar masyarakat Indonesia lebih cerdas dalam menentukan pilihan dalam pilkada serentak tahun 2018, dengan memilih sesuai harapannya dan menghindari praktik politik uang," kata dia.

Pilkada serentak dijadwalkan berlangsung Juni 2018 diikuti 171 daerah, terdiri atas 17 provinsi dan 154 kabupaten-kota, bersamaan dengan tahapan persiapan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden di 2019.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas