Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kementerian PUPR Perkenalkan Program Irigasi Premium Untuk Sawah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pendataan bendung, bendungan dan embung yang sudah selesai namun belum memiliki jarin

Kementerian PUPR Perkenalkan Program Irigasi Premium Untuk Sawah
ist
Menteri Basuki Tinjau Progres Bendungan Sukamahi dan Ciawi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pendataan bendung, bendungan dan embung yang sudah selesai namun belum memiliki jaringan irigasi.

Pendataan dilakukan untuk mendukung program irigasi premium yang menjadi prioritas Kementerian PUPR.

Baca: LPDB Target Penyaluran Dana Bergulir Rp1,2 Triliun di 2018

“Kita data dan akan kita bangun. Sementara untuk program pembangunan 49 bendungan baru, otomatis akan dibangun jaringan irigasinya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (10/1/2018).

Sementara itu Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso mengatakan pembangunan bendungan, embung dan irigasi di seluruh Indonesia guna mewujudkan ketahanan air dan pangan sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

"Kita sebut irigasi premiun yakni irigasi yang mendapatkan pasokan air dari bendungan. Tahun ini kita konsentrasikan untuk membangun irigasi premium,” kata Imam, Rabu (10/1/2018).

Imam Santoso mencontohkan Bendungan Raknamo yang sudah selesai konstruksinya dan telah diresmikan pengisiannya oleh Presiden Joko Widodo (9/1/2018), sudah ada desain jaringan irigasinya. Pembangunannya akan dimulai tahun ini dengan biaya Rp 98 miliar dan ditargetkan selesai pada tahun 2019.

Baca: Pertamina Akan Beri Sanksi Terhadap Oknum Pertamina Beri Sanksi Oknum Distributor Nakal

“Tahun depan akan berfungsi. Ketika air di Bendungan Raknamo penuh, jaringan irigasinya sudah ada sehingga bisa dipakai untuk mengairi sawah,” kata Imam.

Bendungan Raknamo memiliki kapasitas tampung 14 juta M3, bermanfaat mengairi irigasi seluas 1.250 hektar, sumber air baku 100 liter/detik dan pembangkit listrik 220 Kilowatt.

Dalam 3 tahun (2015-2017), Kementerian PUPR telah membangun jaringan irigasi 529.335 hektar, irigasi tambak 7.338 hektar dan menambah 840 buah embung.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Samuel Febrianto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas