Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inilah Lima Wali Kota Terbaik Sepanjang 2017 Versi Kementerian PAN-RB

Adapun lima Walikota tersebut adalah Walikota Makassar M. Ramdhan Pomanto, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Walikota Semarang Hendrar Prihadi,...

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Inilah Lima Wali Kota Terbaik Sepanjang 2017 Versi Kementerian PAN-RB
Tribunnews.com/Apfia
Suasana pemberian penghargaan bagi daerah-daerah dengan sistem pelayanan terbaik di Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengeluarkan hasil evaluasi dan memberikan penghargaan pada unit-unit terbaik pelayanan publik dari 72 Kabupaten atau Kota Role Model di Indonesia.

Baca: Lisa dan Kekasih Pukuli Putra 4 Tahunnya Hingga Tewas Gara-gara Tumpahkan Makanan




Poin-poin yang dievaluasi mulai dari pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebagai penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

Daerah yang mendapatkan prestasi terbanyak   menghasilkan lima walikota terbaik.

Adapun lima Walikota tersebut adalah Walikota Makassar M. Ramdhan Pomanto, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Walikota Palembang Harnojoyo , dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Menteri PAN-RB, Asman Abnur, menuturkan evaluasi kinerja pelayanan publik dilakukan utnuk memotivasi dan mengapresiasi kinerja kementerian,  lembaga, dan pemerintah daerah.

BERITA TERKAIT

"Evaluasi dan pemberian penghargaan ini juga untuk mendorong Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Role Model untuk berkompetisi untuk mewujudkan pelayanan prima", ungkap Menteri Asman, di kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018).

Evaluasi juga dilaksanakan dalam rangka peningkatan peringkat kemudahan berusaha, yang ditargetkan Indonesia dapat mencapai peringkat 40 pada EODB (Ease of Doing Bussiness) 2020.

Adapun daftar sembilan UPP Polres terbaik diraih Polresta Sidoarjo, Polrestabes Palembang, Polrestabes Surabaya, Polres Malang, Polres Balikpapan, Polres Mataram, Polres Malang Kota, Polres Kendari, dan Polres Bantul.

Sedangkan enam UPP BPOM terbaik didapatkan Kota Samarinda, BBPOM di Kota Surabaya, BPOM di Kota Bengkulu, BBPOM di Kota Yogyakarta, BBPOM di Kota Palembang, BPOM di Kota Serang.

Kemudian untuk dua terbaik UPP Kantor Pertanahan adalah Kota Semarang dan Kota Bandung.

Untuk Pelayanan Publik di Kabupaten Kota yang berhasil meraih predikat Sangat Baik adalah empat belas dukcapil yaitu Kota Denpasar, Kota Metro, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Gianyar, Kota Banjarmasin, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kota Malang, Kota Palembang, Kabupaten Bangka Tengah, Kota Bandung, Kota Yogyakarta, Kota Makassar, dan Kota Balikpapan.

Lalu, 18 UPP PTSP Kab/Kota terbaik adalah  Kota Yogyakarta, Kabupaten Badung, Kota Banjarmasin, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Tegal,Kabupaten Sidoarjo, Kota Bandung, Kota Mataram, Kota Denpasar, Kota Makassar, Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Semarang, Kota Pekanbaru, Kota Palembang, Kota Jambi, Kota Surabaya.

Kemudian 16 UPP RSUD terbaik adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Makassar, Kota Kendari, Kota Palembang, Kabupaten Kudus, Kota Yogyakarta, Kota Semarang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Sukabumi, Kabupaten Badung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Bekasi, Kota Balikpapan, Kota Pontianak, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tangerang.

Terakhir UPP PTSP Provinsi  terbaik diberikan kepada Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Riau.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas