Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Hak Angket KPK

Pansus Ingin KPK Tidak Lagi Timbulkan Pro dan Kontra

Pansus Angket DPR untuk KPK akan segera mengakhiri masa tugasnya dan sedang menyusun rekomendasi yang akan disampaikan

Pansus Ingin KPK Tidak Lagi Timbulkan Pro dan Kontra
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Mantan Ketua Komisi II DPR, Agun Gunandjar Sudarsa tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Selasa (7/11/2017). Agun Gunandjar Sudarasa diperiksa terkait pengembangan kasus korupsi KTP elektronik. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pansus Angket DPR untuk KPK akan segera mengakhiri masa tugasnya dan sedang menyusun rekomendasi yang akan disampaikan fraksi pada rapat paripurna mendatang.

Ketua Pansus Angket KPK, Agun Gunandjar Sudarsa enggan membeberkan isi rekomendasi tersebut.

Hanya saja ia mengatakan, intinya Pansus menginginkan adanya pembenahan di tubuh KPK sehingga tidak bergesekan dengan lembaga penegak hukum lainnya.

"Kita juga ingin KPK terdepan semakin terukur dan tidak lagi menimbulkan pro dan kontra diantara publik," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (5/2/2018).

Baca: Dongkol, Barcelona Lakukan Hal Ini Pada Neymar

Menurut Agun, Pansus menginginkan KPK semakin baik dan tidak bergesekan dengan lembaga lainnya, sehingga situasi ekonomi politik kondusif. Menciptakan suasana penegakan hukum yang kondusif menurutnya merupakan tugas DPR.

"DPR sebagai wakil rakyat ingin hindari hal itu, karena memasuki kompetensi di era global, harus hadir investor baru, lapangan kerja, rakyat perlu ketenangan, kondisi politik yang kondusif, penegakan hukum yang harmoni tentu menjadi kewajiban DPR," katanya.

Agun mengatakan dalam rapat Pansus dengan pimpinan Fraksi, hampir semuanya sepakat menginginkan adanya penguatan di tubuh KPK. Penguatan tersebut salah satunya yakni mengoptimalkan fungsi pencegahan, selain penindakan.

"Pada prinsipnya saya melihat hampir semuanya sepakat ada semacam penguatan terhadap lembaga yang ada dan diharapkan hubungan DPR dan KPK bersinergi," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas