Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Efek Buwas Pensiun, Terjadi Pergerakan Gerbong di Tingkat Perwira Tinggi Polri

Neta menilai mutasi kali ini dilakukan Polri selain untuk mengganti Buwas yang pensiun

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Efek Buwas Pensiun, Terjadi Pergerakan Gerbong di Tingkat Perwira Tinggi Polri
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan seiring akan pensiunnya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso pada 27 Februari 2018 mendatang, Polri sepertinya akan melakukan sejumlah mutasi, sehingga gerbong internal Polri akan kembali bergerak.

Neta menilai mutasi kali ini dilakukan Polri selain untuk mengganti Buwas yang pensiun, juga untuk mengantisipasi persiapan tahun politik 2018 dimana akan berlangsung pilkada serentak di 171 wilayah.

"IPW menilai mutasi kali ini belum dalam gelombang yang besar dan baru pemanasan menjelang tahun politik. Sebab mutasi yang cukup besar diperkirakan baru akan terjadi menjelang pilkada serentak," ujar Neta, melalui pesan Whatsapp, Kamis (8/2/2018).




Namun, lanjut Neta, dengan pensiunnya Buwas sebagai perwira tinggi berpangkat komjen, otomatis akan tetap terjadi pergerakan gerbong di tingkat perwira tinggi.

Dari pendataan IPW ada tiga jenderal yang bisa menggantikan Buwas, yakni Kabareskrim Komjen Ari Dono, Irjen M Iriawan dan Irjen Arman Depari. Tapi menurut Neta, sepertinya calon terkuat adalah Ari Dono.

Efeknya terus berlanjut, karena jika Ari Dono bergerak posisi Kabareskrim akan kosong.

Baca: Nama Dua Politisi PDIP Bakal Jabat Pimpinan MPR dan DPR

BERITA TERKAIT

"Disebut-sebut ada empat nama yang menjadi calon pengganti Ari Dono, yakni Irjen Boy Rafli, Irjen Idham Azis, Irjen Arief Sulistio dan Irjen Agung Budi," kata Neta.

Selain itu, Kadiv Humas Irjen juga disebut sebut akan bergeser ke departemen dan calon penggantinya ada dua, yakni Irjen Gatot Edi dan Brigjen Rikwanto.

Lebih lanjut, mutasi kali ini sepertinya akan memberi kesempatan yang besar bagi jenderal jenderal dari angkat muda, yakni adik kelas Kapolri Tito Karnavian. Ini memungkinkan, kata Neta, karena para senior sekarang ini sudah banyak yang memasuki masa pensiun.

"IPW sendiri berharap dalam melakukan mutasi menjelang tahun politik ini, Polri tetap mempertimbangkan kualitas dan kapabilitas sehingga Polri tetap bisa menjaga profesionalisme dan independensinya di tahun politik 2018," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas