Tribun

Setelah 10 Tahun, Menlu Retno Kunjungi Kontingen Garuda di Lebanon

Dalam kunjungan itu Menlu RI akan melakukan pertemuan bersama Kontingen Garuda

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Setelah 10 Tahun, Menlu Retno Kunjungi Kontingen Garuda di Lebanon
Rina Ayu Panca Rini/Tribunnews.com
Juru Bicara Kemlu Armanatha Nasir dan Direktur Keamanan Internasional dan Persenjataan Kemnlu Grata Endah Wardaningtyas, di ruang Palapa, kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi direncanakan akan bertolak menuju Lebanon pada 25-26 Februari 2018.

Dalam kunjungan itu Menlu RI akan melakukan pertemuan bersama Kontingen Garuda dalam misi perdamaian PBB atau UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon).

"Tujuan utamanya adalah bertemu dengan kontingen garuda yang bertugas pada misi pemeliharaan perdamaian PBB Unifil," ujar Juru Bicara Kemlu Armanatha Nasir di ruang Palapa, kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2018).

Armanatha pun menyampaikan kunjungan ini menjadi sangat efektif bagi Indonesia yang selalu menunjukan komitmen dan dukungan terhadap upaya perdamaian di Lebanon.

Apalagi, ujar Tata, kunjungan terakhir ke Kontingan Garuda dilakukan Menteri Luar Negeri RI pada tahun 2007 silam.

Baca: Polda Metro Akan Agendakan Pemeriksaan Terhadap Novel Baswedan

"Terakhir seorang Menteri Luar Negeri Indoenaia yang ke Lebanon untuk mengunjungi kontingen perdamaian PBB sejak tahun 2007," kata Tata.

Direktur Keamanan Internasional dan Persenjataan Kemnlu, Grata Endah Wardaningtyas mengatakan Kontingen Garuda dalam pasukan perdamaian PBB masuk dalam 10 pasukan terbesar dengan jumlah 2.700 pasukan.

"2.700 itu personil tersebar di 9 misi dan di Unifil ada 1.290 pasukan. Kunjungan ini bentuk wujud apresiasi beliau (Menlu Retno) serta penghargaan kepada personil pasukan kita yang bertugas misi Unifil," ucap Grata.

Diketahui, pasukan Garuda Satgas Indobatt XXIII-L berada di Markas Batalyon UNP 7-1 Adshits Alqusayr dan Kompi-Kompi terluar, Lebanon Selatan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas