Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Dia Potret Kehancuran yang Disebabkan Longsor di Brebes

BNPB terbangkan drone untuk mengkaji longsor di Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - BNPB terbangkan drone untuk mengkaji longsor di Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

Mahkota longsor berasal dari perbukitan Gununglio yang berpenutupan lahan sangat baik. Hutan dengan kerapatan tinggi. Sesuai peruntukan hutan. Tidak ada permukiman di bagian hulu. Lahan sawah ada di bagian bawah.

"Lebar mahkota longsor sekitar 120 meter. Panjang landaan longsor sekitar 1 km. Tebal longsor antara 5-20 meter. Volume tanah longsor sekitar 1,5 juta meter kubik," ujar juru bicara BNPB, Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Minggu, (25/2/2018).

Baca: Natasha Wilona Sengaja Datang ke Palembang Lebih Awal, Demi Pempek

Penyebab longsor adalah kemiringan lereng curam, struktur tanah sarang yang gembur dan remah, batuan napal di bagian bawah sebagai bidang peluncur, dan hujan sebagai pemicu longsor. Jadi ini murni bencana alam.

Perbukitan dengan penutup lahan hutan yang bagus seperti itu saja bisa longsor. Apalagi jika perbukitan itu gundul dan jarang vegetasinya akan sangat mudah longsor.

Hingga H+4 pada 25/2/2018 sebanyak 750 personil tim SAR gabungan masih mencari korban. Hingga saat ini 7 tewas, 13 orang hilang, 5 orang luka-luka masih dirawat di rumah sakit/puskesmas, dan 984 jiwa mengungsi akibat longsor di Brebes.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya Posko Tanggap Darurat Longsor Brebes melaporkan 9 orang tewas dimana 7 korban sudah diidentifikasi dan 2 korban belum dapat diidentifikasi.

Namun sesuai kesepakatan bersama maka jumlah resmi korban adalah 7 orang tewas. Beberala potongan tubuh yang belum teridentifikasi saat ini ada di alat pendingin RSU Brebes sampai operasi tanggap darurat selesai dan menunggu hasil tes DNA.

Baca: Akun Lama Diblokir, Ustaz Abdul Somad Buat Akun Baru, Ini Postingannya

Evakuasi terkendala potensi longsor susulan tinggi, cuaca hujan, beratnya medan, dan terbatas alat berat.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas