Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MoU Kemendes dengan Bupati dan Dunia Usaha, Diprediksi Serap Jutaan Tenaga Kerja

Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) pun juga melakukan penandatangan kesepahaman terkait

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in MoU Kemendes dengan Bupati dan Dunia Usaha, Diprediksi Serap Jutaan Tenaga Kerja
ISTIMEWA
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penandatanganan 200 Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pola kemitraan prukades antara 102 Bupati dengan 68 dunia usaha, diperkirakan bisa memberikan dampak positif bagi nilai investasi dan serapan tenaga kerja.

Baca: Ini yang Terjadi pada Tubuh ketika Anda Rutin Mengkonsumsi Telur

Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) pun juga melakukan penandatangan kesepahaman terkait pengembangan dan pengelolaan prukades.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menyebut nilai investasi dari kerjasama tersebut diperkirakan mencapai angka Rp 47 triliun.

"Ada 102 bupati dan 68 dunia usaha, mereka menandatangani 200 lebih kerjasama prukades, yang investasinya diperkirakan sekitar Rp 47 triliun," ujar Eko, saat ditemui di sela acara yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Kamis (8/3/2018).

Selain menyebut nilai investasi yang diprediksi mencapai angka puluhan triliun itu, kerjasama yang baru saja disepakati tersebut nantinya disebut bisa menyerap banyak tenaga kerja, bahkan hingga mencapai angka 10 juta orang.

BERITA TERKAIT

Namun begitu, Eko menegaskan investasi dan serapan tenaga kerja itu bisa diwujudkan jika kerjasama tersebut sudah mulai dijalankan.

"Dari semua yang ditandatangani itu diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja bisa sampai 10 juta jiwa, jika semua kerjasama itu mulai berjalan," kata Eko.

Jakarta Food Security Summit-4 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) yang ditandai dengan pemukulan gong.

Selain dihadiri oleh Eko dan JK, acara tersebut turut dihadiri pula oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan P Roeslani, serta Wakil Ketua Umum KADIN bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan Franky O Widjaja.

Jakarta Food Security Summit-4 sedianya digelar hari ini hingga esok hari, yakni 8-9 Maret 2018.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas