Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KAHMI luncurkan program wirausaha dalam Rangka Re-orientasi Mental Perjuangan

"Sesuai dengan janji saya. Yaitu saya akan reorientasi mental KAHMI dari Pencari Lapangan kerja menjadi Pencipta Lapangan kerja ," katanya

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in KAHMI luncurkan program wirausaha dalam Rangka Re-orientasi Mental Perjuangan
TRIBUN/HO
Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (Hipka) Kamrussamad memberikan pemaparan terkait kemampuan KAHMI untuk beradaptasi dalam era digitalisasi, disela acara Munas ke-X Korps Alumni KAHMI, di Medan, Jumat (17/11/2017). Kemitraan dengan komunitas berbasis industri kreatif menjadi penting, terutama agar produk wirausaha KAHMI dapat ikut terpasarkan dengan baik. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presidium KAHMI, Kamrussamad mengungkapkan, banyaknya pemikiran bahwa alumni HMI yang tergabung dalam KAHMI hanya bisa bergabung ke partai Politik dan berprofesi sebagai politikus saja.

Menyadari kritikan tersebut, Kamrussamad mengatakan, para alumni HMI diharapkan merubah mindset dari Political oriented menjadi entrepreneur oriented. Ujar Kamrussamad, Presidum KAHMI.

Ia mengatakan, saat ini sudah tidak jamannya lagi untuk selalu berpikiran dan mengambil peran di politik. Saat ini pihaknya akan mengedepankan aspek kewirausahaan.

Baca: Tekad Kuat Pratu Randi Meski Sempat Tak Diizinkan Jadi Tentara

"Sesuai dengan janji saya. Yaitu saya akan reorientasi mental KAHMI dari Pencari Lapangan kerja menjadi Pencipta Lapangan kerja ," katanya. 

Untuk itulah, kata Kamrussamad, diluncurkan sebuah program inspiratif ‘KAHMIPreneur’ untuk melatih, mentoring, membuka akses permodalan, akses pemasaran, akses teknologi digital dan akses manajemen modern agar bisnis alumni HMI bisa tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan kemandirian ekonomi umat.

Kamrussamad yang juga Pengurus Kadin Indoensia ini menegaskan, membangun kemandirian ekonomi umat menjadi salah satu tantangan terbesar bagi KAHMI. 

BERITA REKOMENDASI

"Tantangan hari ini dan ke depan bagi Generasi Muda  adalah mengambil peranan pembangunan wirausaha sebagai wujud perubahan mindset alumni HMI," katanya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin pada September 2017 mencapai 26,58 juta orang. Angka ini turun 1,19 juta orang dari sebelumnya pada Maret 2017 sebesar 27,77 juta. Sedangkan jumlah pengangguran di Indonesia sampai Agustus 2017 mencapai 7,04 juta orang dari 128,06 juta orang angkatan kerja. Jumlah angkatan kerja ini bertambah 2,62 juta orang dibanding Agustus tahun sebelumnya yang sebanyak 125,44 juta orang.

Adapun jika dihitung, angka pengangguran pada Agustus 2017  meningkat sekitar 10.000 orang jika dari total angkatan kerja pada Agustus 2016 yang mencapai 125,44 juta orang. Meski demikian, secara persentase angka tingkat pengangguran turun di mana pada Agustus tahun lalu 5,61persen, dan pada Agustus 2017 menjadi 5,50 persen.

Jika dihitung lebih rinci lagi, pengangguran pada Agustus 2016 dari total angkatan kerja yang mencapai 125,44 juta orang, angka penganggurannya 5,61 persen atau 7,03 juta orang. Sedangkan pada Agustus 2017 jumlah angkatan kerja 128,06 juta dengan pengangguran 5,50 persen atau 7,04 juta orang.

Baca: Sandiaga Uno Minta Prabowo Dengarkan Aspirasi Rakyat untuk Maju Capres 2019

Jumlah penduduk usia kerja di Indonesia mencapai 192,08 juta orang, di mana 128,06 juta orang merupakan angkatan kerja dan yang bekerja sebanyak 121,02 juta orang atau 7,04 juta orang pengangguran.

Karenanya, pihaknya akan melakukan pelatihan wirausaha yang melibatkan para alumni HMI yang tergabung dalam KAHMI, sedangkan untuk melihat keberhasilanya Kamarussamad juga akan memberikan KAHMI enterpreneur award.

"Tidak hanya itu, kita juga akan sinergikan dengan perbankan yaitu untuk permodalan, kami juga akan mengambil lamgkah pemasaran sehingga produk mereka juga bisa kompetitif dipasaran," tukasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menjembatani dengan pemerintah sehingga hasilnya tidak hanya dipasarkan di Indonesia bisa juga dikirim ke luar negeri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas