Tribun

BNPT Siap Berdayakan Perekonomian Mantan Narapidana Terorisme

Suhardi Alius mengatakan memberdayakan perekonomian mantan narapidana terorisme juga menjadi kewajiban pihaknya.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Sanusi
zoom-in BNPT Siap Berdayakan Perekonomian Mantan Narapidana Terorisme
Rizal Bomantama
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Kepala BNPT Suhardi Alius saat penandatanganan MoU tentang penanganan terorisme di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan memberdayakan perekonomian mantan narapidana terorisme juga menjadi kewajiban pihaknya.

Tapi, hal itu harus diikuti kemauan para mantan napiter untuk menjadi agen perdamaian setelah menjalani rehabilitasi, pembinaan, dan deradikalisasi yang dicanangkan pemerintah.

"Dalam pertemuan dengan mantan narapidana terorisme beberapa waktu lalu, yang sudah sadar, sudah kami bukakan akses dengan kementerian terkait seperti Kementerian Ketenagakerjaan dengan membuka balai pelatihan sesuai dengan kemampuan, keterampilan, dan minat mereka," kata Suhardi usai acara penandatangan MoU dengan Kemendagri di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).

"Asalkan mereka menjadi agen perdamaian terutama setelah kembali ke masyarakat," ujarnya.

Baca: Dituding Culik Bocah, Tyas Mirasih Bongkar Kelakuan Nenek Amandine Ternyata Seperti Ini

Melalui MoU itu BNPT sepakat mendorong pemerintah daerah untuk memantau dan membina mantan napiter saat kembali ke masyarakat.

Terutama untuk membantu agar tidak terjadi diskrimnasi terhadap keluarga terutama anak-anak napiter tersebut.

"Walaupun sudah kembali ke masyarakat mereka masih akan dipantau terutama agar tidak terjadi diskriminasi kepada anak-anak mereka. Negara harus hadir dan kami ucapkan terima kasih atas bantuan Kemendagri," pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas