Tribun

Pilgub Jawa Timur

Hasil Survei Indo Barometer: Gus Ipul-Puti 45,2 Persen dan Khofifah-Emil 39,5 Persen

Dari survei yang dilakukan 29 Januari - 4 Februari 2018 ini menununjukan elektabilitas pasangan Gus Ipul-Puti unggul 5,7 persen dari pasangan Khofifah

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Hasil Survei Indo Barometer: Gus Ipul-Puti 45,2 Persen dan Khofifah-Emil 39,5 Persen
Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com
Indo Barometer 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terhadap pasangan calon gubenur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018-2023.

Hasilnya, cagub-cawagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno unggul dari pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Dari survei yang dilakukan 29 Januari - 4 Februari 2018 ini menununjukan elektabilitas pasangan Gus Ipul-Puti unggul 5,7 persen dari pasangan Khofifah-Emil.

"Gus Ipul-Puti 45,2%, Khofifah-Emil Dardak 39,5%. Pemilih tidak menjawab dan tidak memilih 15,3%," ucap Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari dalam rilis di Harris Hotel FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018).

Hasil tersebut terlihat dimana elektabilitas dari masing-masing calon gubernur maupun wakil gubernur.

Pada calon gubernur, Gus Ipul 46,6 pensen dan Khofifah 40,8 persen serta sisanya tidak memilih sedangkan pada calon gubernur justru Emil unggul 30,9 persen dan Puti 29,4 persen serta sisanya tak memilih.

Sementara dalam hal tingkat pengenalan calon, kedua kandidat relatif punya skor yang sama. Namun, tingkat pengenalan calon gubernur tergolong sangat tinggi sementara tingkat pengenalan calon wakil gubernur tergolong sangat masih rendah.

"Nama calon gubernur yang paling dikenal adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dengan 97,5 persen kemudian Khofifah Indar Parawansa dengan 96,1 persen, sedangkan untuk calon wakil gubernur Emil Dardak dengan 53,8 persen kemudian Puti Guntur dengan 59 persen," papar M. Qodari.

Begitu juga dalam hal tingkat kesukaan. Kedua pasangan  calon calon gubenur dan wakil gubernur Jatim ini terbilang tinggi.

"Nama calon gubernur yang paling disukai adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dengan 87,9% persen kemudian Khofifah Indar parawangsa dengan 87,5 persen. Sedangkan calon wakil gubernur yang paling disukai adalah Emil Dardak dengan 71,6 persen kemudian Puti Guntur dengan 71,5 persen," tambahnya.

Diketahui, Survei digelar di 38 kabupaten/kota dengan 800 responden melalui wawancara tatap muka.

Dengan metode sampling, multistage random sampling dengan margin of error 3,46% pada tingkat kepercayaan 95%.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas