Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendes Kerjasama dengan BPS, Survei Manfaat Dana Desa

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada tahun ini akan mengadakan survei bersama Badan Pusat Statistik (

zoom-in Kemendes Kerjasama dengan BPS, Survei Manfaat Dana Desa
ISTIMEWA
Pemanfaatan data potensi desa (Podes) menjadi sangat penting untuk pembangunan desa yang kini sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah. Hal tersebut menjadi benang merah dalam acara “Pelatihan Instruktur Nasional (innas) Pendataan Podes 2018” yang diselenggarakan di Bandung, Selasa (10/4/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada tahun ini akan mengadakan survei bersama Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan dampak manfaat dari pelaksanaan dana desa.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Kerjasama, Sekretariat Jenderal Kemendes PDTT Bonivasius Prasetya Ichtiarto dalam acara pelatihan instruktur nasional pendataan Pemanfaatan data potensi desa (Podes) 2018 yang digelar di Bandung pada Selasa (10/4/2018).

Menurutnya, pelaksanaan survei bersama dengan BPS ini akan membuat data terkait pemanfaatan pelaksanaan pembangunan yang berasal dari dana desa sejak tahun 2015 hingga 2017 agar menjadi lebih valid.

Baca: Pemanfaatan Podes Penting Untuk Pembangunan Desa

Lebih lanjut, Bonivasius yang menjado narasumber dalam acara pelatihan instruktur nasional ini menambahkan bahwa pemanfaatan data potensi desa (Podes) menjadi sangat penting untuk pembangunan desa yang kini sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah.

Baca: Kantor pengacaranya digeledah, Trump mencerca FBI yang disebutnya sebagai aib

"Secara tegas, pemerintah telah menjadikan desa sebagai fokus dalam pembangunan nasional, seperti tercantum dalam nawacita ketiga Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas