Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK, Mendikbud Minta Maaf

Mendikbud mengatakan, HOTS diterapkan untuk mendorong siswa memiliki kemampuan berpikir kritis.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK, Mendikbud Minta Maaf
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Peserta meninggalkan ruang kelas seusai menjalani Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) 2018 hari pertama di SLB Negeri A, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (10/4/2018). Pelaksanaan UNBKP 2018 di SLB Negeri A ini, diikuti sebanyak 13 peserta SMALB jurusan Seni Musik dan jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang merupakan peserta didik dengan hambatan penglihatan (tunanetra). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy menyampaikan permohonan maaf terkait soal Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) yang dianggap terlalu sulit oleh para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Seperti diketahui, di dunia maya banyak keluhan soal matematika yang dinilai sulit. Keluhan ini disampaikan kepada pemerintah.

"Saya minta maaf kalau ada beberapa kalangan yang merasa mengalami kesulitan, yang sulit, yang tidak bisa ditoleransi," ujar Muhadjir, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Muhadjir mengakui, pemerintah memang menaikkan tingkat kesulitan soal UNBK tahun ini.

Menurut dia, soal UNBK 2018 sudah menerapkan High Order Thinking Skills (HOTS).

Baca: Sebut Soal UNBK Tak Yakin Bisa Bocor, Muhajir Effendy Ingin Tahu Cara Membocorkannya

Mendikbud mengatakan, HOTS diterapkan untuk mendorong siswa memiliki kemampuan berpikir kritis.

BERITA TERKAIT

Hal itu dianggap enting untuk pembentukan karakter siswa. Meksi demikian, Muhadjir berjanji akan melakukan pembenahan UNBK.

"Dengan ini dan saya janji bahwa akan kami benahi, tetapi mohon maklum bahwa ujian nasional dari waktu-waktu harus semakin sulit untuk mengejar ketertinggalan kita," kata dia.

"Jika masih ada ceruk-ceruk tertentu atau wilayah tertentu yang merasa kesulitan yang tidak bisa ditoleransi lagi nanti kami evaluasi scara menyeluruh," lanjut Muhadjir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Permintaan Maaf Mendikbud Setelah Para Siswa SMA Keluhkan Sulitnya Soal UNBK,,,"
Penulis : Yoga Sukmana

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas