Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bamsoet Dorong Kerjasama Indonesia dan RRT Diperkuat

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terus bekerja sama dalam banyak sektor

Bamsoet Dorong Kerjasama Indonesia dan RRT Diperkuat
Tribunnews.com/Rina Ayu

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terus bekerja sama dalam banyak sektor.

Saat ditemui usai menerima Duta Besar RRT untuk Indonesia Xiao Qian, Bamsoet mengutarakan beberapa hal penting terkait kerja sama Indonesia dan RRT.

Dia meminta pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) melibatkan pekerja Indonesia dalam proyek-proyek RRT di Indonesia.

“Kita sangat senang investasi RRT banyak berinvestasi di Indonesia. Tetapi, jangan sampai investasi RRT di Indonesia justru merugikan tenaga kerja dalam negeri. Para pekerja lokal seolah tersingkir oleh pekerja asing. tutur Bamsoet di ruang kerja Ketua DPR, Jakarta, Rabu Boleh saja, mendatangkan pekerja dari RRT, tetapi dengan klasifikasi khusus yang kemampuannya tidak dimiliki pekerja Indonesia," ujarnya di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada (18/4/2018).

Kemudian, di bidang ekonomi Bamsoet menuturkan, nilai perdagangan antara Indonesia dan RRT pada tahun 2017 mencapai US$ 63,358 miliar.

Jumlah tersebut meningkat 17% dibanding tahun 2016, yaitu US$ 47,59 miliar.

“Peningkatan nilai perdagangan ini membuktikan kedua negara memiliki hubungan yang berkelanjutan dalam kerjasama ekonomi. Perdagangan yang saling menguntungkan dan seimbang harus lebih kita tingkatkan lagi,” kata Bamsoet.

Di bidang Investasi RRT masuk dalam tiga besar negara yang memiliki investasi tinggi di Indonesia.

Nilai investasi RRT di Indonesia pada tahun 2017 mencapai US$ 3,4 miliar dalam 1.977 proyek. Investasi tersebut naik dari tahun sebelumnya, sebesar US$ 2,66 miliar.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas